Papuaaaa!!

Setelah cukup lama tertunda, akhirnya “curhatan” perjalanan saya ke Papua tertulis juga😀

Saya pergi ke Timika, Papua pada tanggal 17 Okt- 22 Okt. Tujuannya adalah urusan kantor, disana saya dan teman-teman akan mengadakan pelatihan perbendaharaan untuk Pemda Mimika (note this: Mimika adalah Kabupaten, Timika itu ibukotanya Mimika). Perjalanan dimulai dengan penerbangan tengah malam. Pesawat Garuda tujuan Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura itu berangkat  25 menit lebih cepat dari yang direncanakan sewaktu awal beli tiket. Pukul 23:00 WIB pesawat take-off dengan tujuan Denpasar. I’m nervous and ‘lil bit “bete” at that time. Pertama, belum pernah pergi dengan flight sejauh ini, tanpa orangtua pula (manja.com). Kedua, kondisi tubuh yang sedang tidak fit malam itu, walaupun sebelum terbang sudah berusaha minum obat ini-itu dan pakai minyak kayu putih.  Ketiga, jaket lupa diambil dari koper.  Keempat, seat saya (yang sudah saya usaha-usahain deket  jendela) ternyata pas banget yang bagian ga ada jendelanya. Errrr…. Alhasil, perjalanan Jakarta-Denpasar menjadi perjalanan paling menyengsarakan.

Setelah 1,5 jam berlalu, akhirnya kami transit di Denpasar. Mayoritas penumpang tujuan Timika atau Jayapura memilih meneruskan tidur dan tidak turun di Ngurah Rai. Tapi, karena merasa sakit dan suntuk di pesawat, saya memilih turun saat transit. Lumayan, udara segar Bali pukul 01:30 WITA cukup menyenangkan.  Perjalanan lalu dilanjutkan ke Timika. Kali ini kondisi tubuh sudah cukup membaik sehingga perjalanan lebih menenangkan karena bisa tidur puas dan pulas.😀

Sekitar pukul 06:30 WIT akhirnya sampai jugaaa di bandara Mozes Kilangin Timika. Huaaa….untuk pertama kalinya melihat pulau di ujung Indonesia itu. Exciteeeed…. *winkwink. Dan sebagai bentuk ke-norak-an mulai lah berfoto di bandara.😀

ini contoh roda truk di Freeport

Sampai di hotel, kami disajikan dengan berita HOT…. Tarraaaaa….ada penembakan! Untungnya lokasi penembakan yang berbuntut kekisruhan itu tidak terlalu dekat dengan hotel, sehingga bisa cukup bernapas lega. Ditambah penjelasan yang tidak cukup membantu dari warga, “Sudah biasa seperti itu disini…”. Krik krik….

Selama 5 hari di Timika, saya tidak banyak jalan-jalan disana. Selain tidak banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, jadwal pelatihan yang padat dari pagi sampai sore cukup mengalihkan duniaku. Lagipula boooo…. Timika itu sepi benerrr!!! Jalanan kagak ada macet-macetnya, they don’t have Alfamart (at first I can’t imagine a city without Alfamart, makanya pas nemu KFC rasanya mau sujud syukur), dan menjelang pukul 6 sore  jalanan sudah gelap serasa jam 11 malem. And one important things, everything’s expensive here. Trust me.

Satu-satunya tempat yang kami datangi adalah Kuala Kencana. Apa itu? Kuala Kencana adalah perumahan khusus karyawan PT Freeport Indonesia yang didesain seperti kota di dalam hutan rimba. Karena kalau dilihat maketnya, sekitar 85% dari area Kuala Kencana masih berupa hutan-hutan. Tapi jangan dipikir hutan-hutannya yang jelek gak ketata dan kalo malem banyak abege2 alay pacaran nongkrong2 kayak di UI dan disekitarannya banyak tukang somay, batagor, es doger, dsb pada jualan. No, no, definitely no. Tata kotanya rapi sekali, teratur, and so American (terutama bentuk2 rumahnya). Bahkan katanya kalau malam ada lampu-lampu kerlap kerlip kecil-kecil di hutannya. Otomatis Romantis!😀

Jalanannya luas dan sepi


Perumahan khas Amerika

Simbol khas Kuala Kencana

Sayangnya, selama perjalanan disana banyak pemandangan-pemandangan yang tidak bisa saya abadikan karena ketika di dalam mobil agak sulit untuk mengambil gambar dengan baik. Tapi masih terekam dalam benak saya barisan bukit di sepanjang jalan dengan awan menggumpal-gumpal menyentuh ujung-ujung pepohonan di bukit. Cakep!

Setelah lima hari, akhirnya waktunya pulang. Bye bye Pulau Cendrawasih. Semoga suatu saat saya bisa mengunjungimu kembali =)

Bandara Mozes Kilangin, Timika

Papua dari atas (udah dapet deket jendela, Yes!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s