Serial Banggai 1: Persinggahan Lima Propinsi

“Kalau minum atau mandi dengan air Luwuk, bakal susah keluar dari Luwuk”. Seorang karyawan Pemda Luwuk mengatakan itu kepada saya bulan Desember tahun lalu, saat pertama kalinya saya mengunjungi Luwuk. Saya senyum-senyum saja saat itu. Entah candaan itu benar atau tidak. Well, here I am!

Hari ini saya kembali pergi ke Luwuk, masih untuk urusan kantor. Bagi yang belum tahu, Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai yang terletak di Sulawesi Tengah.

Perjalanan ke Luwuk hari ini cukup mengesankan, karena dengan rute pesawat yang berbeda dengan sebelumnya, untuk pertama kalinya saya menjadi singgah ke lima propinsi dalam sehari, bahkan hanya setengah hari. Hehehe…

Perjalanan dimulai dari rumah saya di Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta pukul 04:00 WIB. Sekitar pukul 05:05 saya tiba di Bandara Soekarno-Hatta, yang berada di propinsi Banten (yang awalnya saya lupa kalau Bandara ini bukan lagi di Jakarta).

Pesawat lalu berangkat ontime pukul 07:15 WIB. Tujuan transit pertama adalah kota Surabaya di Jawa Timur, jadilah pada pukul 09:00 WIB saya tiba di propinsi ketiga untuk hari ini hanya untuk sekedar transit 20 menit. Lumayan lah, makan-minum di Jakarta, numpang pipis di Surabaya, hehe….

Perjalanan berlanjut. Sekitar satu jam kemudian pesawat mendarat selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, propinsi Sulawesi Selatan. Tak berbeda jauh dengan transit sebelumnya, saya juga hanya sekedar “mampir” di Makassar dan –tak lupa- numpang pipis lagi.

Perjalanan akhirnya diteruskan ke tujuan akhir yakni kota Luwuk di Sulawesi Tengah. Pukul 13:35 WITA pesawat mendarat di Bandara Syukron Aminuddin Amir. Yang juga mengakhiri perjalanan hari ini di propinsi kelima. Kota Luwuk masih sama seperti terakhir kali saya kesana, terang dan cerah dengan suhu 32 derajat celcius.

Ya, di kota inilah saya akan singgah sementara waktu. Mari, nantikan kisah-kisah selanjutnya. Saya berjanji akan berbagi cerita selama ada di sini🙂

Luwuk, 9 Februari 2011

Leave a Reply

