Kita Pasti Bisa!

7 tahun lalu, di sebuah kolam renang.

“Lo udah bisa renangnya, ambil napasnya juga udah bener, ayo sekarang nis coba renang dari ujung sini ke sana” ujar temanku, yang saat ini menjadi ‘pelatih’ renang dadakanku.

Aku menggeleng. Takut. Renang dari ujung ke ujung artinya harus melewati kolam yang dalamnya 2 meter di bagian tengah. Kalau nanti tiba-tiba aku kesulitan dan tenggelam di tengah-tengah, gimana?

“Ya udah bareng gue renangnya. Nanti kalo kenapa-kenapa di tengah, gue bantuin” bujuknya.

Aku setuju akhirnya. Kami berenang berdua. Aku fokus mencapai ujung kolam tanpa tengok-tengok. Hup! Akhirnya sampai juga di ujung kolam. Aku mengangkat kepala dan mencari temanku. Ia melambai dan tertawa, dari ujung kolam yang satunya.

Ya. Ternyata temanku tidak ikut menemaniku berenang. Ia berjanji menemaniku hanya untuk membuatku merasa aman dan membantu meyakinkanku.

Kisah di atas membuktikan bahwa sebenarnya saya bisa menyeberangi kolam tersebut. Hanya saja, saya terlalu takut dan sudah merasa tidak bisa dari awal. Tapi, akhirnya terbukti tanpa ditemani pun sebenarnya saya bisa.

Terkadang, kita merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Merasa tidak mampu, tidak bisa, tidak sanggup, dan merasa lebih percaya diri dengan bantuan orang lain. Meng-underestimate kemampuan diri. Padahal, sebenarnya kemampuan kita mungkin tidak serendah itu.

Kebiasaan merendahkan diri sendiri berakibat pada tidak yakinnya kita apabila melakukan sesuatu.Takut salah, takut dicemooh, atau takut gagal. Padahal, tak ada yang salah dengan itu semua. Hidup itu proses belajar. Maka lebih baik gagal daripada tidak mencoba bukan?😉

Terkadang ini hanya masalah pola pikir. Berpikir negatif dan pesimis hanya akan membuat diri merasa tak mampu. Sebaliknya, berpikir optimis akan membuat diri terpacu menjadi lebih hebat dan lebih sanggup.

Nah, selamat mengakselerasi diri. Tak ada kata “tak bisa”. Semua bisa. Kalaupun BELUM bisa, kita bisa berusaha dan terus mencoba, sampai bisa!🙂

2 thoughts on “Kita Pasti Bisa!

  1. gue mau pamer: udah bisa renang lhoooo….sekarang tinggal belajar nafasnya. karna klo berenang itu berenti2 ambil nafas, hihihi *bangga*

Leave a Reply

