Never too good

Bila kita lahir dari rahim yang sama, maka apakah kita harus tumbuh, berkembang, dan besar menjadi suatu hal yang sama?

Pertanyaan ini baru saja mendadak muncul. Apakah seseorang atau beberapa orang yang berasal dari suatu kejadian, atau suatu sumber, yang sama, maka seharusnya pun bertumbuh kembang dengan cara dan tujuan yang sama?

Jika ya, mengapa? dan lalu, apakah sesuatu yang tak sama setelahnya menjadi suatu kesalahan? atau setidaknya pembedaan?

Menurut saya, jika kita berasal dari suatu hal yang sama, maka cukuplah hal tersebut menjadi dasar akan kesamaan kita. Dan kemudian kita bisa bebas memilih, memutuskan, menjalani, apa yang kita rasa benar dan nyaman dengan tidak melupakan tujuan awal kita “dilahirkan” dari rahim tersebut.

Tujuan-tujuan besar mungkin tidak selalu dicapai dengan cara yang sama. Dan juga tidak harus. Namun, kadang “cara” menjadi hal yang sangat penting sehingga bisa-bisa melupakan bahwa sebenarnya tujuan kita sama. Mungkin saja ada orang-orang yang mengambil jalan berbeda. Seharusnya tak menjadi masalah. Hargai pilihan orang lain, toh kita tak pernah tau siapa yang akan sampai duluan.

Mungkin kita “lahir” dari rahim yang sama. Tapi kita tak pernah tau kesudahannya. Pun kita tak tau proses tumbuh-berkembang-besar orang lain di sekitar kita. Jika ia tumbuh dan besar menjadi seperti apa yang diinginkan oleh sang penglahir, maka bersyukurlah. Namun bila ia tak tumbuh seperti apa yang diharapkan, atau tumbuh namun terlihat kekanakan, maka setidaknya janganlah menyesal pernah “melahirkan” mereka.

Seperti halnya iman, maka semangat dan antusiasme pun ada naik dan turunnya. Maka tolonglah, bukan penghakiman yang dibutuhkan, mungkin hanya sedikit waktu.

 

7 Agustus 2011

12:42 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s