Seri Akrual 5 – Bagan Akun Standar (BAS)

Bagan Akun Standar (BAS) atau Kode Rekening merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan adanya konsep dan format baru PP 71/2010. Adanya tambahan laporan keuangan serta dua jenis basis yang digunakan dalam satu proses akuntansi membuat perombakan BAS menjadi suatu keniscayaan.

BAS lama yang kita kenal memiliki 6 kode utama:

1 – Aset

2 – Kewajiban

3 – Ekuitas Dana

4 – Pendapatan

5 – Belanja

6 – Pembiayaan

Membicarakan BAS, maka kita bisa memulainya dengan melihat neraca saldo. Dari neraca saldo, kita bisa menghasilkan 3 (tiga) laporan keuangan utama, yakni Neraca, LO, dan LRA. Sedangkan laporan keuangan yang lain seperti Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Laporan Perubahan SAL adalah laporan yang bisa disusun melalui laporan lainnya, bukan melalui neraca saldo.

Oleh sebab itu, konfigurasi akun (kode rekening) yang direpresentasikan dalam buku besar harus dikembangkan berdasarkan unsur-unsur laporan Neraca, LO dan LRA.

Terkait dengan perubahan BAS itu sendiri, penyesuaian BAS salah satunya terjadi pada Pendapatan dan Belanja. Dengan adanya dua basis yang digunakan, tidak mungkin lagi akun Pendapatan dengan basis akrual (Pendapatan LO) digabungkan dengan akun Pendapatan yang berbasis kas (Pendapatan LRA). Begitu juga hal nya dengan Belanja (basis kas) dan Beban (basis akrual). Akun Transfer pun kali ini memiliki kode rekening tersendiri, tidak lagi menyatu dengan akun Belanja seperti pada kode rekening sebelumnya.

Maka, dalam BAS Pemda terbaru kita memiliki 9 kode utama (sesuai kesepakatan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan):

1 – Aset

2 – Kewajiban

3 – Ekuitas Dana

4 – Pendapatan LRA

5 – Belanja

6 – Transfer

7 – Pembiayaan

8 – Pendapatan LO

9 – Beban

Kita dapat melihat bahwa setiap kode akun akan menempati posisinya masing-masing di dalam laporan keuangan yang berbeda. Aset, Kewajiban, dan Ekuitas Dana (kode akun 1, 2, dan 3) akan masuk ke dalam Neraca. Pendapatan-LRA, Belanja, Transfer, dan Pembiayaan (kode akun 4, 5, 6, dan 7) akan masuk ke dalam LRA. Sedangkan Pendapatan-LO dan Beban (kode akun 8 dan 9) akan masuk ke LO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s