Agar Pulsa Tidak Berkurang Karena Browsing

Tulisan ini saya buat untuk berbagi pengalaman kepada sesama pengguna Blackberry dengan provider Telkomsel. Awal ceritanya begini… Tanggal 16 Desember, saya mengisi pulsa simpati Rp 25.000. Selama empat hari sejak pembelian, pulsa tersebut hanya saya pakai untuk sms-an sekitar 25 kali. Namun, tanggal 21 Desember, saya cek pulsanya tinggal Rp 50. Karena bingung, saya telpon Call Center Simpati di 116.

Oleh petugas, diberitahu bahwa pulsa saya berkurang karena pemakaian GPRS. Saya katakan bahwa saya sudah memakai Paket BB Unlimited Bulanan yang artinya seharusnya untuk browsing tidak perlu dikenakan biaya tambahan lagi. Saya pun tidak melakukan streaming. Namun, petugas hanya mengatakan dari data yang tersedia diketahui bahwa pulsa saya habis karena pemakaian GPRS.

Tanggal 24 Desember, saya kembali mengisi pulsa Rp 25.000. Namun, kejadian terulang. Hari ini (yang artinya baru dua hari sejak pengisian pulsa), pulsa saya tinggal tersisa Rp 10.000. Padahal, saya belum sama sekali menggunakan pulsa tersebut untuk sms ataupun telpon. Saya kemudian kembali menelepon Call Center dan menanyakan apakah ada settingan yang salah.

Nah, kemudian petugas memandu saya untuk menghapus WAP yang menyebabkan browsing dikenakan tarif GPRS normal diluar paket BB. Mungkin ada beberapa diantara teman-teman yang sudah tau, saya pun dulu pernah melakukannya, tapi sekarang lupa. Nah, sekarang saya tulis agar selalu ingat dan membantu bila ada masalah serupa.

Untuk Blackberry OS 6 (saya tidak tau apakah sama untuk semua OS):

Dari menu utama, masuk ke Options –> Service Book –> Kemudian ‘Delete’ semua data yang berawalan “WAP”

selanjutnya, masih masuk dari menu utama, pilih Options –> Browser Push –> Uncheck ‘Enable WAP Push’ dan ‘Allow WAP Push Applications’

Setelah itu, alhamdulillah setiap browsing saya pulsa saya tidak berkurang lagi. Yang saya bingungkan, kenapa masalah ini baru ada sekarang. Padahal, perasaan beberapa bulan ke belakang tidak pernah ada masalah. Ooo, kemudian saya baru tau, kalau “WAP” yang telah dihapus akan kembali muncul saat BB di hard restart. Pantas, beberapa minggu lalu saya memang baru meng-hard restart BB saya. Jadi, memang setiap di hard restart kita harus mengecek ulang terkait “WAP” tersebut.

Sekian informasinya. Semoga Bermanfaat! =)

5 thoughts on “Agar Pulsa Tidak Berkurang Karena Browsing

Leave a Reply

