A New Year Note

Awal Tahun Baru! Hohoo. So, what’s new on new year?

Saya teringat beberapa hal nih tiba-tiba. Mungkin juga karena di awal tahun ini kejadian serupa terulang. Tentang apakah ini? Ini terkait dengan masalah jodoh. Yup, jodoh. *puter Adele*

Jadi begini ceritanya, saya beberapa kali menjadi saksi, penghubung, juga penonton akan kisah-kisah cinta yang tidak bisa berlanjut ke tahap pernikahan. Dan cerita ini menjadi pembelajaran sendiri buat saya. Karena ternyata kegagalan tersebut bukan semata karena cinta yang bertepuk sebelah tangan, penolakan orangtua, atau masalah eksternal lainnya.

Beberapa terjadi malah kepada mereka yang saling mencintai. Loh, kok bisa saling cinta tapi gak nikah? Ya bisa aja lah ya…. Yang saya saksikan beberapa karena masalah komunikasi. Miskom istilahnya. Kalo dipikir, kok ya bisa miskom doang jadi bikin ga jadi nikah?

Ya, salah informasi dan komunikasi bisa membuat terjadinya perubahan keputusan. Dan perubahan keputusan dampaknya luas kan?

Saya suka bingung terkadang. Maksudnya, kalo udah saling cinta, harusnya jalannya lebih mulus dan lancar dong… Tapi kemudian saya sadar, yang saling jatuh cinta pun ternyata belum tentu berjodoh. Lagipula, siapa kita mau mengatur takdir Tuhan? Hmm… Emang kalo bicara sakralitas kehendak Tuhan, rasionalitas saja kadang gak cukup. Perlu hati, perlu iman, perlu keyakinan….

Ya…
Cukup lah note tahun baru kali ini. Semoga bisa jadi pengingatan. Dan selalu ada hikmah dibalik cerita. Kisah-kisah tersebut juga bisa saya jadikan pelajaran. Kita boleh minta, kita boleh doa, kita boleh usaha setengah mati, tapi kita harus ikhlas… Termasuk ikhlas menjalani ketetapan. :’)

Leave a Reply

