Trip to Singapore-KL: Hotel

Tulisan kedua terkait liburan kali ini akan membahas tentang pemilihan tempat menginap kami selama disana (dalam tulisan ini terutama yang akan dibahas adalah di Singapore). Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, kami mencari hotel-hotel murah melalui www.hostels.com dan www.agoda.com. Intinya, kami mencari hotel yang lokasinya strategis, ya namanya juga turis, susah kalo hotelnya jauh dari pusat keramaian dan sarana transportasi. Selanjutnya, murah. Nah ini lumayan susah, hehe. Karena mayoritas hotel di Singapore mahal-mahal. Dan yang terakhir kondisinya bagus. Maksudnya, fasilitas memadai, kamar bersih, dan semacamnya. Akhirnya, pilihan kami jatuh ke 5 Foot Way Inn.

Di depan pintu

 

Kenapa pilih disitu? Pertama, lokasinya terletak di Pagoda Street di Chinatown. Hanya beberapa langkah (beneran!) dari MRT Chinatown. Jadi, abis naik eskalator MRT, kita udah bisa liat palang hotelnya. Karena tempatnya di Chinatown, jadi kita tinggal keluar hotel untuk jalan-jalan atau beli oleh-oleh karena banyak pernak pernik yang dijual disana. Letaknya juga dekat dengan Masjid Jamae (Chulia) sehingga untuk sholat kami lebih memilih pergi ke masjid. Masjidnya bersih dan sepi, dan yang paling kami suka ialah WC serta tempat wudhunya yang sangat bersih.

Kedua, harganya sesuai dengan budget kami. Kami memang mencari hostel (instead of hotel) dengan fasilitas shared bathroom karena harganya lebih murah. Kami memesan private room untuk empat orang yang berisi 4 tempat tidur (2 tempat tidur tingkat) dimana harga private room lebih mahal dibanding bila kami memilih mixed dorm. Tapi, berada dalam satu kamar dengan turis lain, emmmm we don’t think so . Harga yang kami bayar untuk satu private room adalah Rp 1 juta/malam. Artinya, per orang kami membayar Rp 250 ribu/malam. Kekurangannya ialah kamarnya sempit, namun untungnya masing-masing dari kami mendapatkan loker dalam kamar yang cukup untuk memasukkan tas-tas kami serta plastik oleh-oleh sehingga kamar bisa agak lengang. But overall we love the room. Kasurnya nyaman dan terdapat AC yang sejuk. Dari jendela kamar kami bisa sambil melihat hiruk pikuk turis yang berbelanja di Chinatown.

Dari jendela kamar

Ketiga, fasilitasnya bagus. Well, ini baru kami ketahui setelah kami sampai disana sih. Wifi nya kuat sampai ke kamar. Kamar mandinya, walau berbagi dengan pengunjung lain, namun bersih. Ada tempat makan dan duduk-duduk untuk sekadar ngopi-ngopi dan ngemil yang nyaman. Disana kita bisa ngopi, ngeteh, atau minum-minuman lain seperti Milo, Teh Tarik, dll serta sarapan secara gratis. Disana juga ada microwave kalau-kalau kita ingin menghangatkan makanan. Plus kulkas untuk menaruh minuman atau makanan.

 

 

Selain itu, ada juga attic room, ruangan untuk bersantai yang menyediakan sebuah TV layar datar besar, sofa-sofa serta bantal dan dua buah iMac terbaru untuk ngenet gratis. Ini menjadi sangat berguna saat kami ingin memesan tiket bus untuk ke KL di akhir kunjungan kami.

 

Nilai plus dari hostel ini lainnya ialah staf-staf nya yang ramah. Mereka tak segan membantu kita mencarikan arah atau jalan atau transport ke tempat wisata yang ingin kita datangi. Setiap hari pun mereka menyapa ramah, menanyakan ingin pergi kemana saja hari ini atau menanyakan habis kemana saja hari ini di akhir harinya. Seorang petugas yang muslim juga memberi tahu kami jadwal sholat dan tempat-tempat makanan yang halal, serta makanan-makanan instan yang halal. Sangat membantu untuk turis awam macam kami.

Nah, itu review saya tentang hostel yang kami pilih. Intinya, kami puas. Gak kaget kalo hasil rating pengunjungnya kayak gini:

Selanjutnya, saya mau memberi tips untuk memilih hotel/hostel untuk para wisatawan yang ingin booking hotel:

1. Banyak compare. Jangan lelah membandingkan satu tempat dengan tempat lainnya. Karena tiap hotel punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Yang paling penting cari yang paling memuaskan kita dan kekurangannya paling bisa kita terima.

2. Lebih baik booking. Yap, lebih baik booking terlebih dahulu sebelum pergi. Khawatir aja sih hotel yang kita mau ternyata penuh atau gimana-gimana. Males juga kan kalo belum punya kepastian tinggal di negeri orang. Untuk booking, siapkan credit card ya, karena pembayarannya via credit card. Oiya, kita hanya membayar 10% ketika booking, sisanya dibayar ketika kita sampai di hotel.

3. Cari info sebanyak mungkin. Cari info pengalaman orang lain yang sudah pernah menginap di hotel tersebut. Googling blog-blog orang, cari-cari di kaskus, dll. Baca review orang-orang secara teliti, catat apa saja kekurangan hotel tersebut dan pertimbangkan apakah kita bermasalah dengan kekurangan tersebut atau tidak (contoh: hostel gue kekurangannya kamarnya sempit, tapi gue ga masalah). Jangan sampai kita menyesal atas hotel yang telah dipilih (seperti pengalaman kami dengan hotel di KL, well gue males bahasnya, beda banget sama yang di Singapore soalnya).

4. Catat petunjuk. Gak semua hotel ternyata “mudah ditemukan”. Jadi, jangan lupa print alamat lengkap hotel. Plus transportasi menuju kesana (tiap hotel biasanya memberitahukan akses menuju tempatnya). Jangan lupa juga print tanda bukti booking sebagai bukti kita telah membayar 10% sehingga sesampainya di sana kita cukup membayar 90% sisanya.

Happy Holiday! ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s