Nasihat dari Guru

Ada nasihat bagus dari salah seorang guru yang saya baca di twitter, seperti ini isinya:

Betapa nelangsanya yang tak pandai mengendalikan pikiran dan perasaannya. Akan hanyut dan larut mendramatisir masalah, memperumit persoalan dan menyiksa perasaannya sendiri. Bukannya semakin dekat dengan Allah, malah semakin jauh. Bukannya semakin bahagia malah kian menderita. Ayo segera kita kuasai dan kendalikan pikiran dan hati kita. Segera kembalikan kepada Dia Yang Menguasai segalanya dengan sempurna, akan mudah bila ditolong oleh-Nya. Tuntas dengan sempurna hanya dengan pertolongan Allah semata. (from: @aagym)
 
Nasihat ini jadi renungan yang dalam. Mempertanyakan kembali konsep tauhid kita. Jangan-jangan, kita menuhankan perasaan, menuhankan pikiran. Sehingga, kalau ada masalah, yang mendominasi hati adalah perasaan-perasaan kita. Padahal, biasanya itu justru jadi penambah berat masalah, bukan solusi. Dimana kita tempatkan Allah dalam setiap masalah yang rumit? Jika benar Allah satu-satunya tempat bersandar, maka seharusnya tidak perlu lagi rasa ragu. Kita pasti ditolong. Kita pasti dimudahkan.

Ada kalanya datang masalah-masalah yang menyusahkan hati kita, memberatkan pikiran, melemahkan kekuatan pertahanan diri kita. Ada kalanya masalah tersebut seakan menyita waktu, pikiran, tenaga. Tapi bukankah setiap masalah pasti akan ada titik terangnya? Mungkin Allah sedang mengajarkan sebuah episode tentang kesabaran. Dan satu-satunya cara melewatinya adalah mengembalikan semuanya kepada-Nya. Melangitkan doa-doa terbaik, dan bersabar menanti usainya pelajaran ini. Sampai ia  kemudian tuntas. Tuntas dengan sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s