Kinanthi Terlahir Kembali

kinanthiBuku ini adalah pemberian kak Tigor, sebagai permintaan maaf karena terlalu lama meminjam buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck karya HAMKA milik saya. Bahkan, sampai buku ini diberikan, buku pinjaman tersebut belum juga dikembalikan. Sewaktu awal ditanyakan mau buku apa, saya langsung menyebut, “Kinanthi-nya Tasaro”. Entah buku ini bagus atau tidak. Tapi saya sudah punya dua buku karangan Tasaro sebelumnya, dan saya suka. Saya belum membaca buku Kinanthi ini. Saya hanya membaca satu bab awal yang terdiri dari tulisan pendek sebanyak satu lembar. Dan mulai bisa membayangkan, dalam suasana apa sang penulis akan membawa para pembacanya. Ya, berikut adalah kutipannya:

Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta. Engkau bertemu seseorang, lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh, dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa dia memperhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila.

Berhati-hatilah….

Kelak, hidup adalah ketika engkau menjalani hari-hari dengan optimisme. Melakukan hal-hal hebat. Menikmati kebersamaan dengan orang-orang baru. Tergelak dan gembira, membuat semua orang berpikir bahwa hidupmu telah sempurna.

Sementara, pada jeda yang engkau buat bisu. Sewaktu langit meriah oleh para benda yang berpijar. Ketika sebuah lagu menyeretmu ke masa lalu, wajahnya memenuhi setiap sudutmu. Bahkan, langit membentuk auranya. Udara bergerak mendesaukan suaranya. Bulan menyabitkan senyumnya. Bersiaplah…. engkau akan mulai merengek pada Tuhan. Meminta sesuatu yang mungkin itu telah haram bagimu. 

2 thoughts on “Kinanthi Terlahir Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s