Rasa Lapar

Saat bikin tulisan ini, gue dalam kondisi lapar luar biasa. Padahal ini masih jam setengah sepuluh pagi. Dan tadi pagi gue sarapan, pake nasi, pake telor, pake tahu, pake sayur sop. Noh. Lengkap banget. Tapi emang lagi masa pertumbuhan kali ye. Tapi gue bersyukur. Soalnya, gue inget ada masa-masanya gue gak bisa makan. Dan rasanya tiap orang ada masa kayak gitu ya. Kadang, kalo kita dalam kondisi kejiwaan yang gak menentu (#pret) seperti lagi banyak pikiran, banyak kerjaan, stress, sedih, pa*tah h*ati (kaga niat nyensor) bisa jadi larinya jadi gak bisa makan. Mendadak napsu makan hilang aja begitu.

Menurut gue, salah satu rasa yang sungguhlah sangat beruntung apabila seorang manusia memilikinya adalah rasa lapar. Masalahnya, beberapa minggu lalu, gue sempet gak bisa makan. Napsu makan gue menguap entah kemana. Sarapan pagi yang penuh gizi itu biasanya cuma kemakan lauknya aja. Itu juga dikit-dikit. Nasi gak kesentuh. Di kantor, pas jam makan siang, sama aja kejadiannya. Lauk diicip dikit-dikit. Nasi gak kemakan. Sampe bos gue pernah komen, “kok kamu makannya dikit amat?”. Gak tau deh, gue gak ngerasa laper. Bahkan kalo makanannya nasi padang, tetep cuma diberantakin doang, aslinya yang kemakan cuma sedikit. Yailah belagak banget gue nolak nasi padang, padahal biasanya juga nasi putihnya doang ama kuah kagak pake lauk bisa gue makan. Malem udah pasti gak makan. Bahkan udah pesen sama mama gak usah disiapin makan malem.

Kebayang gak tuh. Berhari-hari gue kayak gitu. Kurus kagak, sakit iye. Gue jadi kayak kehilangan tenaga. Tiap pulang kantor, bawaannya capeeeekk banget. Kayak abis pulang renang seharian. Padahal kerjaan kantor gue waktu itu lagi gak berat-berat amat. Pulang kantor juga gak malem-malem amat. Tapi sampe kamar, nyentuh bantal tuh rasanya udah kayak mau mati. Kayak gak ada tenaga lagi. Capeknya ampun-ampunan. Gue pikir-pikir sekarang yaiyalah ya secara gue kaga ada asupan karbohidrat begono.

Alhasil, badan gue makin gak enak. Udah lemes, bawaannya kedinginan mulu. Kalo mandi maunya pake air anget. Kena air biasa jadi menggigil. Pake jaket deh kemana-mana. Sampe tidur aja pake jaket. Duile manja amat gue. Muka udah gak kebayang gimana bentuknya. Waktu gue jenguk ibunya temen gue, beliau bilang, “kok mukanya capek banget?”. Ternyata temen-temen gue mulai dari temen main, temen kantor, bos, semua bilang yang sama. Ealah….

Untungnya, gue pada dasarnya gak suka berlarut-larut. As time goes by, entah karena kondisi yang makin membaik atau pada dasarnya emang rakus, napsu makan gue perlahan membaik. Hal ini gue manfaatkan bener. Setiap gue (akhirnya) ngerasa laper, gue turutin deh gue mau makan apa. Gue makan okonomiyaki di Detos, ngemil ini, makan itu. Kata sahabat-sahabat gue juga gak papa deh mumpung bisa makan. Sayang oh beribu sayang, sepertinya perut gue minta jatah ganti rugi akibat aksi gak makan berhari-hari itu.

Contohnya hari ini, setelah sarapan, gue ngerasa laper parah dari jam 9 pagi. Akhirnya lah gue kelayapan ke meja-meja temen gue, mengais-ngais cemilan. Pas ditawarin ditraktir bubur kacang ijo sama ibu bos, gue super hepi banget! Dan rungsing nungguin bubur kacang ijonya dibeli padahal itu masih jam setengah 10. Pas bubur kacang ijo dateng, gue kayak orang hamil lagi ngidam. Kayaknya nikmat banget, padahal kemaren juga mama gue masak bubur kacang ijo sepanci penuh. Di tengah makan bubur, mas OB ngebawa roti tawar sebagai teman makan bubur. Gue langsung histeris girang liat roti tawar. Lagaknya kayak belom makan dari lahir. Selang beberapa jam, kita makan siang dong. Entah kenapa gue ngerasa ikan bawal dari kateringnya kok enaaaak banget gak kira-kira. Ya kebetulan juga gue liat temen gue gak dimakan ikannya. Gue tanya, boleh buat gue gak? Katanya boleh. Dan gue embat aja gitu ikannya.

Ya Tuhan, ampuni akuuuuuuuuuuuu……….

One thought on “Rasa Lapar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s