Tentang Beasiswa LPDP

HARAP DIPERHATIKAN: tulisan ini dibuat bulan November 2013, so bisa jadi udah ada perubahan di sana-sini terkait pendaftaran maupun persyaratan LPDP. Silakan merujuk langsung ke website resmi LPDP untuk info lebih lengkap yaw! Tulisan ini sebagai gambaran aja. Semoga bermanfaat!😀

———————————————————————————————————————–

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja selesai mengikuti Program Kepemimpinan (PK) beasiswa pendidikan LPDP selama 12 hari. Selama masa karantina itu, berhubung kami diberi tugas untuk membuat kultwit terkait materi selama kegiatan berlangsung, otomatis jadi banyak teman-teman saya yang ingin tahu lebih jauh tentang beasiswa LPDP ini. Nah, untuk mempermudah teman-teman semua, saya akan buat tulisan tentang beasiswa LPDP ini. Mungkin tidak lengkap, tapi setidaknya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering mampir.

Apa itu beasiswa LPDP?

Kita mulai dari apa itu LPDP dulu ya… LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP merupakan lembaga yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengelolaannya dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan. Nah, selanjutnya yang akan saya bahas hanya program beasiswa pendidikannya saja yaa… Oya, LPDP ini bekerja di bawah pengawasan 3 kementerian: Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.

Beasiswa pendidikan apa aja yang diberikan LPDP?

LPDP kasih beasiswa pendidikan untuk program Magister (dalam dan luar negeri), Doktor (dalam dan luar negeri), dan beasiswa tesis dan disertasi. Untuk program Magister, maksimal masa studi adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Kalo ternyata kuliahnya lebih dari itu, yaa pasti ada penaltinya. Setau saya, kecuali beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa ini tidak berlaku untuk orang yang kuliahnya sudah berjalan. Tapiiiii… kalo misal kejadiannya begini. Misalnya ada orang yang udah daftar LPDP, trus ternyata proses beasiswanya belum selesai, tapi karena dia juga udah daftar kuliah, kuliahnya udah keburu masuk. Nah kalo kayak gitu gapapa.

Bidang ilmu apa aja yang boleh daftar LPDP?

LPDP punya beberapa prioritas bidang keilmuan: teknik, sains, pertanian, akuntansi dan keuangan, hukum, agama, kedokteran/kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya. Nah, kalo bidang yang kita pingin in gak ada di prioritas bidang itu gimaneee? Gapapah, dicoba aja daftar. Sebenernya LPDP juga membuka untuk bidang “lain-lain”. Dari pengalaman, ada orang dengan pilihan bidang psikologi atau linguistik yang juga jadi penerima beasiswa LPDP. Yang penting yakin aja kalo bidang keilmuan kamu bisa kasih manfaat besar untuk Indonesia.

Emang gimana proses daftar LPDP?

Saya kasih urutannya ya. Gampangnya gini:

Daftar Online –> Pengumuman Seleksi Administrasi –>  Wawancara –> Pengumuman Hasil Wawancara –> Program Kepemimpinan (PK) –> Pengumuman Kelulusan

Apa aja dokumen yang harus diunggah pas daftar online? Deuh, cek sendiri ya di www.beasiswalpdp.org jangan males cyin. Hahaha. Selama daftar online, kita cukup unggah aja softcopy dokumennya. Nanti pas dipanggil wawancara, baru dibawa semua hard copy nya. Sekarang saya mau kasih gambaran timeline waktu saya apply LPDP ya. Perlu diingat bahwa ini adalah pengalaman saya sendiri. Bisa jadi tiap orang beda-beda, bisa jadi banget. Tapi setidaknya biar ada sedikit bayangan.

Daftar online : sekitar awal Agustus 2013

Pengumuman seleksi administrasi: 18 Agustus 2013

Wawancara: 5 September 2013

Pengumuman hasil wawancara: 13 September 2013

PK : 5-16 November 2013

Pengumuman kelulusan : 16 November 2013 (di hari terakhir PK)

Saat daftar, harus udah punya LoA* apa nggak?

Jawabannya: enggak harus.

Kalo saya gimana? Kalo saya sih alhamdulillah waktu daftar udah punya LoA. Apakah itu ngaruh? Gatau juga ya… Yang jelas, waktu wawancara, salah seorang pewawancara ketika memastikan saya udah dapet LoA dan gak bermasalah sama nilai IELTS. Dia langsung nyudahin pertanyaannya gitu. Tapi, buanyak banget temen-temen saya yang diterima dengan kondisi belum punya LoA kok.

Untuk yang udah punya LoA, di akhir masa PK langsung tandatangan kontrak. Sedangkan yang belum punya LoA, dikasih waktu 1 tahun (terhitung dari akhir masa PK) untuk nyari dan daftar universitas sampe diterima. hehehe.

*LoA= Letter of Acceptance. Tanda kalo kita udah diterima di suatu universitas.

Wawancara itu ditanyain apa aja?

Standar lah ya seperti wawancara lainnya. Kita akan diwawancara oleh 3 orang (dimana salah satunya adalah psikolog). Pertanyaannya ya seputar rencana kuliah kita dan kebermanfaatan ilmu kita untuk Indonesia. Karena saya ambil magister luar negeri, maka sekitar 30% dari wawancara pakai bahasa Inggris. Again, ini bukan rumus baku. Ada temen yang 100% wawancaranya pake bahasa inggris. Ada yang full bahasa indonesia dari awal sampe akhir. Yang jelas, wawancara sayah termasuk yang sebentaaaar banget. Dari slot resmi 45 menit wawancara, saya cuma diwawancara sekitar 15-20 menit. Kenapa? Entahlah. Alhamdulillah nya sih lulus. Hahaha.

Dari yang diwawancara, berapa % nya yang lulus?

Ajegile saya sering beneerrr dapet pertanyaan iniiiih…. Padahal, ini adalah pertanyaan yang ga bisa dijawab. Kenapa? Karena sepanjang pengetahuan saya, LPDP gak netapin jumlah tertentu. Selama peserta wawancara sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan LPDP, maka dia akan diterima. LPDP merencanakan akan memberikan beasiswa kepada 1500 orang pada tahun 2013 dan 2500 orang pada tahun 2014. Intinya, masih besar banget kesempatannya. Tapi, bukan berarti juga yang dipilih asal-asalan. Kalo emang gak qualified ya gak diterima walau masih ada kuota juga.

Biaya apa aja sih yang dicover LPDP?

Untuk biaya pendidikan, yang dicover –> biaya pendaftaran, tuition fee (SPP), tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda

Untuk biaya non pendidikan, yang dicover –> biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup (living allowance), dan biaya kedatangan (settlement allowance)

Untuk biaya lainnya, ada beberapa. Nih contohnya:

  • Buat yang bawa keluarga, LPDP juga memberi biaya tunjangan keluarga. Maksimal jumlah keluarga yang ditanggung adalah 2 orang. Biaya tunjangan keluarga per bulan  besarnya 25% dari living allowance (per orang).
  • Ada juga biaya seminar internasional buat awardee yang berkesempatan menjadi PEMBICARA dalam seminar internasional selama masa studi. Untuk program magister maksimal 1x selama masa studi, untuk program doktor 2x.
  • Dana insentif perguruan tinggi. Ini untuk kalian yang berhasil masuk 20 besar kampus terbaik di dunia. (List kampusnya apa aja? Tanya sendiri ke LPDP yak! :p ). Bukan cuman kampusnya, tapi juga jurusannya harus salah satu yang terbaik atau jurusan unggulan di kampus tersebut. Buat mereka-mereka ituh, dapet duit tambahan USD 5000 cyin. Mayaaaaaannn….

Program Kepemimpinan (PK) nya itu beneran 12 hari?

Iya, beneran. Sebenernya 10 hari. Tapi kita udah harus dateng dari H-1 dan di hari ke-11 itu penutupan PK. Jadi totalnya ya 12 hari. Konsepnya karantina. Jadi waktu batch saya (PK Angkatan 7) tempatnya di lokasi di luar Jakarta dan tempatnya juga agak jauh dari keramaian. Tapi acaranya gak melulu di tempat itu. Bisa pindah-pindah. Kemana aja? Rahasia. Biar penasaran. Kkkk~

Yang jelas, kegiatannya seru. Ketemu orang-orang hebat yang akan melanjutkan studi ke berbagai penjuru dunia, orang-orang yang seru dan kreatif. Nih dikasih bocoran satu video kelompok saya yang dibuat saat masa PK tersebut. #promosiiiih

Video itu salah satu tugas kita di masa PK. Tugas lainnya? Buanyaaaakkk… Wkwkwk. Tapi percayalah sungguh seru dan terkenang-kenang terus. Ecieeeeeh.

Apa yang sudah ikut PK sudah pasti lulus atau keterima jadi awardee LPDP? Jawabannya belum tentu. Statusnya ada yang Lulus, Lulus Bersyarat, dan Tidak Lulus. Saya? Lulus alhamdulillah.🙂

Apalagi yaaah? Kayaknya cukup deh info-info tentang Beasiswa LPDP nya. Kalo ada yang mau tanya-tanya, silakan di komen aja. Kalo bisa jawab, pasti saya bantu jawab. Kalo kagak, ya saya oper ke LPDP nya langsung. Haha.

Bisa juga baca kultwit saya tentang beasiswa LPDP di chirpstory ini.

Sekian! Semoga bermanfaat! ;D

338 thoughts on “Tentang Beasiswa LPDP

    • Setau saya ada beberapa hal. Misal, tidak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tanpa izin yang diperbolehkan, melanggar tata tertib PK, dsb. Lengkapnya bisa ditanyakan ke panitia.

  1. Permisi, saya mau tanya kalau nanti dapet beasiswanya terus udah lulus kuliah itu harus langsung balik dan kerja di Indonesia ? atau boleh kerja di luar negeri juga ?

    Terima kasih

  2. lagi nyari2 tentang beasiswa lpdp dan nyantol ke post nya ka AR ^^
    mau nanya kalo untuk master harus by research atau boleh by coursework juga ya?

    makasii

  3. hello kak, aku baru lulus nih dan rencana ikutan beasiswa ini. Mau tanya beasiswa ini ada ikatan dinas ga ya? atau kontribusi apa yg harus kita berikan setelah dpt beasiswa ini.. dan sepengalaman kakak apa ada yg lulus beasiswa ini dr univ swasta. thanks ya kak sebelumnya

    • Gak ada ikatan dinas. Perjanjiannya yang penting kembali ke Indonesia setelah selesai kuliah. Ada kok, beberapa teman2ku ada yang dari Binus, Atmajaya, dsb

  4. Hooo syukurlah.. berarti nanti bebas ya mau kerja di instansi pemerintah atau swasta yang penting balik indonesia ya kak? makasi banyak ya kak infonya, wish me luck hehehe

  5. Assalamualaikum🙂
    Saya mau nanya kak, saya kan sudah dipanggil untuk wawancara.. nah dalam prosesnya saya sudah daftar bbrp universitas. Saya sudah dapat LOA dr universitas, tetapi yang saya dapat bukan dr universitas yg saya daftar untuk LPDP.. Mau minta saran, kalau LOA itu saya bawa ketika interview apakah diperbolehkan? karena kan universitasnya berbeda dengan yang saya apply di sistem online LPDP.. Thank you in advance🙂

  6. annisa, slm kenal ya…. sebelumnya selamat ya sdh dterima. saya mau nanya apakah kalo kita sdh lulus s2 dalam negri msh boleh daftar utk master lagi? saya msh ingin melanjutkan ke jenjang master. oh ya, di mana kita bs melihat daftar univ yg termasuk k beasiswa lpdp ini? saya berminat antara di aussie (monash/flinders) dan swedia. maaf kalo kbnyakan ya🙂

    • Kalau kasus sudah S2 dan mau S2 lagi saya kurang tau mbak… sepertinya agak susah, akan diarahkan ke S3 aja. Mungkin bisa tanya langsung ke LPDP agar lebih valid, saya hanya dari pengalaman teman2 saja.

      Kalau mbak daftar online LPDP, mbak akan diminta isi negara tujuan nanti akan muncu list university yang dapat dipilih.

      Goodluck!🙂

      • terima kasih ya annisa…seneng deh cpt dblsnya…. insya allah mau dicoba. kalo ada pertanyaan, saya boleh ya hub mb.annisa? blh minta contoh study plan nya mbak?? ini email saya, kisnandari@gmail.com thx in advance ya…. good luck w ur studythere🙂

    • Wah, membaca tulisan ini jadi menggugah untuk apply, dan kebetulan status saya juga sama sepert mbak Ketty, sudah lulus s2 dan berniat untuk melanjutkan ke jenjang master yang lebih spesifik, apakah sudah ada updatenya mbak? terima kasih🙂

      • Maksudnya mau ambil master lagi ya? Teman saya sih baru saja ada yang diterima Lpdp untuk ambil master kedua kalinya. Jadi bisa dicoba.

      • Maaf saya salah info ternyata teman saya daftarnya s3, bukan s2 lagi. Dan yang pernah mau daftar s2 lg diarahkan sama Lpdp utk ambil s3 saja dan akhirnya dia ambil s3.

  7. Assalamualaikum… kak… mau nanya… pas daftar itu harus di upload bukti pernah memimpin organisasi itu kak?? klo gx ada gmna kak??? maaf kak gangggu…..

  8. assalamu’alaikum mb annisa, salam kenal..
    mau tanya kalau beasiswa LPDP ini ada batasan akhir pendaftaran gak ya mb? trus mb ada contoh esai dan study plant gk mb buat gambaran sy.. boleh minta kirim mb ke arizqi.januar@gmail.com
    makasih

    • wa’alaykumussalam wr wb. Gak ada batas akhir🙂 study plan lihat dari web uni masing2 (course apa saja yang akan diambil atau research ttg apa yang ingin dilakukan).

  9. mbak annisa yang baik, bolehkah saya dishare template untuk surat pernyataan:
    – Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum
    – Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik
    – Surat Pernyataan Mengabdi kepada Kepentingan Bangsa Indonesia
    – Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain

    saya sudah mencari-cari templatenya di website LPDP, termasuk juga di bookletnya, namun saya tidak ketemu.

    Apabila mbak berkenan, email saya saya cantumkan di form komen blognya mbak.

    terima kasih banyak, mbak🙂

  10. search LPDP sampai ke blog ini, mba … aku jg tertarik dengan template2 surat tersebut mba. Bolehkah dikirim ke email tekwan_balado@yahoo.com.
    Tapi kalau boleh saran, jikalau mba ada waktu, lebih bagus lagi di tulis diblog-nya, or sebagai attachment supaya bisa di-download masyarakat banyak. xixixi.
    InsyaAllah banyak amalnya mba
    makasih sebelumnya, mhn maaf jikalau kurang berkenan.

  11. Assalamualaikum Anisa, slm kenal ya…. sebelumnya selamat ya sdh dterima. saya mau nanya nih, bole saya minta bantuan template surat-surat di atas. Mohon bantuannya ya Anisa. email saya dionfirmanda@yahoo.de. Terimakasih Anisa.

  12. Halo semua pembaca tulisan ini, jika kalian ingin format-format surat, semua ada kok di websitenya LPDP🙂 udah pada pernah nyari dan buka kan?

    Kalau belum, niiih dikasih tau websitenya: http://www.beasiswa.lpdp.depkeu.go.id/

    Langsung sung deh itu ada link untuk download booklet beasiswanya. Biar lebih jelas, format surat ada di halaman 14🙂

    Selamat berusaha dan semangat untuk ikhtiarnya masing2!🙂

  13. Dear Mbak Anisa
    Makasih Infonya
    Apakah sudah dapat info berapa nilai uang stipend perbulan, establishment allowance and so on..?
    Saya engak lihat di webnya LPDP
    Kalau Dikti sering telat, info yang Mbak nisa tahu LPDP telat juga gak?
    Btw, kalau daftarnya sekarang untuk berangkat tahun depan bisa gak Mbak?
    Makasih untuk responnya

    • Hehehe kalo itu emang ga di publish ke umum mas setau saya… pas udah ttd kontrak baru tau nilainya. Saya kan baru kuliah 1 bulan, so far alhamdulillah uang Settlement Allowance 1 ( diberikan sebelum berangkat) cair tepat waktu, uang Settlement Allowance 2 (diberikan ketika sudah sampai di kota tujuan) juga cair tepat waktu.

      Berbeda dengan Dikti yang sistemnya reimburse, untuk Living Allowance diberikan per 3 bulan di depan. Saya kuliah mulai 3 Maret, alhamdulillah Living Allowance 3 bulan pertama (Maret, April, Mei) juga cair tepat waktu.

      Dari sejak tanggal ttd kontrak (berakhirnya masa PK), diberikan jeda waktu sampai 1 tahun untuk mencari univ dan masuk kuliah.

      Semoga membantu.

  14. Assalamualaikum mbak,
    saya mau tanya buat sertifikat toefl, apakah sertifikat toefl EPT dari LIA bisa dipake untuk melamar untuk beasiswa magister dalam negri mbak?

    terima kasih mbak

  15. salam mbk.
    saya mau tanya tentang rencana studi LPDP.
    dalam persyaratan terdapat Dua Rencana Studi yg harus kita penuhi. tolong dong jelaskan perbedaan keduanya. trims

    • Dilihat dari rencana course apa saja yang mau diambil selama masa studi. It must be provided in every uni web.🙂

  16. mbak. untuk sertifikat toefl apakah harus dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti kampus atau boleh dr lembaga kursus yang sudah mempunyai ijin sseperti lembaga kursus di Pare Kediri?
    trims

    • Aku baru denger toefl bisa dikeluarkan oleh kampus? Biasanya kampus soalnya cuma yg prediction. Sedangkan toefl iBT yang ‘beneran’ nya biasanya lembaga2 kursus yang mengeluarkan

    • Itu toefl apa mbak? Predicition? Setau saya yang biasa diminta oleh pihak beasiswa adalah toefl iBT atau IELTS… yang biayanya biasanya sekitar 1,8-2 juta per tes. Kalau di Jakarta, beberapa provider test nya antara lain IDP, IALF, dll

  17. assalamualaikum.
    Saya ikut mendaftar beasiswa S2 LPDP dan sekarang sedang dalam tahap pengumpulan berkas. Saya pilih magister Instrumentasi dan Kontrol di ITB. Ini saya sedang tahap membuat rencana studi.
    Mau tanya nih,
    Apakah LPDP menanggung biaya pelatihan & kursus? (itu dihitung biaya studi nggak?) Soalnya saya ada rencana untuk ikut pelatihan2 terkait Instrumentasi & Kontrol itu, yang ngadain pelatihannya pihak CITA ITB.
    Rencananya mau saya buat rincian biayanya di rencana studi tapi masih khawatir kalau2 ternyata nggak ditanggung & bikin malu nantinya.

    Bagaimana ya?

    Terima kasih

  18. Halo mba, saya baru saja submit dokumen persyaratan LPDP untuk program master dalam negeri, sebenarnya saya mengejar periode Juni tp trnyta batas akhirnya tgl 21 Mei 2014 lalu, jadi dokumen yg saya submit hari ini masuknya utk periode September ya?

  19. Salam. Saya mau tanya, kebetulan saya baru lolos step wawancara dan akan menuju PK. Yang saya mau tanyakan, boleh gak sih nanti kita pas ttd kontrak ganti jurusan? Beda dgn jurusan yg tertulis pas awal daftar? btw, saya ambil magister dalam negeri

    • Kalo ganti jurusan sptnya boleh. Tapi memang harus melalui beberapa proses sptnya. Kalo ganti univ yang agak ribet apalagi kalo univ yg lama lebih tinggi peringkatnya drpd univ yg baru.

  20. assalamualakum mbak,…kalo beasiswa coursework kita dapet LOA nya dari UNIV apa dari professornya ya? karena kan LOA itu bukannnya didapet untuk riset,…sedangkan coursework kan ujungnya kita juga nggak bikin tesis? boleh diinfokan mbak,…terimakasih sebelumnya *nb saya lg proses wawancara LPDP,..tp juga disambi cari2 LOA mbak🙂

    • wa’alaykumussalam wr wb. Dari universitas. Sepanjang yang saya tau, walaupun research (bukan coursework) LoA juga tetep harus ada dari universitas selain dari profesor (bisa jadi beda negara beda case).

  21. Siang mbak, boleh nanya kira2 untuk periode Juni ini PK -nya dilakukan kapan ya ? soalnya kalo mengingat di bulan juli ini udah bulan puasa. Apakah mungkin program PK ini dilakukan di bulan puasa ?

    terima kasih

  22. Salam kenal mba Anni says Ajie sekarang lg nunggu pengumuman seleksi wawancara lpdp. Mungkin mba Anni punya informasi yg boleh dish are mengenai jumlah nominal beasiswa lpdp yg diterima. Kemudian, apakah mba Anni punya kenalan sesama penerima beasiswa lpdp yg kuliahnya di Australia (Melbourne) supaya says bisa menghubungi ybs utk ngobrol2 mngenai living costs disana. Saya berencana kuliah di Monash uni di australia . demikian mba trims

    • Mba Anni ini email saya : ajiewr@gmail.com apabila ada info mengenai besaran beasiswa lpdp dan teman mba yg kuliah di Melbourne sekitarnya dan berkenan dish are mohon dikirim ke email saya . saya berencana kuliah master di Monash university. Trims

    • Hai salam kenal Ajie. Nanti kalau sudah resmi dinyatakan sbg penerima beasiswa LPDP akan kita invite ke facebook group awardee LPDP di Australia. Kabari aja ya🙂 goodluck!

  23. assalamualikum mba annisa..
    saya mini, saya mau nanya mba saya kan S1 nya bukan dari PTN dan bukan PTS besar juga, apa itu mempengaruhi diterima atau tidaknya daftar beasiswa lpdp? makasih mba🙂

  24. halo, mbak anni.. salam kenal, saya mau nanya, kalo kita dinyatakan lulus besiswa LPDP dalam negeri trus mau mengajukan perubahan ke luar negeri bisa gak ya??

  25. Aslamu alaikum mba’, saya mau nanya..saya udah di nyatakan lulus di Universitas Hasanuddin Makassar dan skrg sy udah dapat LOA tp nilai toefl saya tdk memenuhi syarat penerima lpdp tp sy sudah punya LOA. Mohon pencerahanx mbak. Makasih sbelumx

  26. Assalamu’alaykum Mbak, saya mau nanya. Saya sudah diterima di program magister salah satu PTN dan akan mulai berkuliah bulan Agustus. Apakah saya masih bisa mendaftar beasiswa lpdp untuk periode September? Terimakasih.

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Setau saya utk wawancara bulan September, seleksi administratifnya sudah ditutup sejak akhir Juni.

  27. Assalamualaikum, mbak. Nama saya Anita, saya sedang salam proses melengkapi berkas beasiswa LPDP, mau nanya skor TOEFL yang diminta harus IBT atau bisa ITP? Thanks for the information🙂

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Sepanjang yang saya tau IBT. Tapi untuk dalam negeri seingat saya bisa ITP. Silakan konfirmasi langsung juga ke LPDP khawatir saya khilaf😀

  28. Mbk yg baik,mau nanya,,say dijadwalkan ikut pk bulan november nanti,tp kuliah saya sudah dimulai september ini,gmana ya mbk,saya ttp bisa ambil kuliah tahun ini,atau harus tunggu selesai pk ya? Thks

      • Salam kenal mbak annisa dan mbak dian.
        Kondisi sy juga sama seperti mbak dian. Pengumuman lulus wawancara bulan juli, jadwal masuk kuliah september, dapat jadwal PK november (krn LPDP memprioritaskan yg ke LN).
        Sy ingin tny mbak, apakah pembayaran pertama masuk kuliah dan biaya2 terkait lainnya ttp dibayarkan oleh LPDP ke univ ybs, walaupun peserta belum ikut PK? Atau pembayaran bagi yg blm ikut PK harus ditanggung sendiri dulu, baru kemudian setelah resmi jadi awardee baru direimburse? Krn di jadwal pemetaan PK, ada catatan ‘pembayaran ke univ DN akan dikomunikasikan oleh LPDP ke PTN ybs’. Terimakasih ya mbak

      • Gak bisa mbak, pembayaran baru dilakukan LPDP setelah mbak mendapatkan Letter of Guarantee (LoG) dari LPDP dan LoG didapatkan setelah lulus PK…. Seperti yang tertera di tulisan saya, ikut PK belum berarti lulus jadi penerima beasiswa LPDP. Setelah selesai PK dan reami jadi awardee LPDP pun kita harus menunggu beberapa waktu untuk urusan teknis seperti tanda tangan kontrak dan pemberian LoG.

        Saya gak paham masalah reimburse karena sepanjang yang saya tau, pembayaran kuliah dibayarkan LPDP langsung ke pihak univ tanpa ada sistem reimburse. Namun ada baiknya ditanyakan langsung ke LPDP barangkali ada kebijakan yang berubah atau yang saya tidak tau🙂 goodluck!

  29. halo mbak, saya hafiz saya mau nnyain ttg apakah mungkin lgsg dpet beasiswa ckup dgn dftar aja? soalny LoA saya September tahun ini, dan takutnya prosesnya blm selesai tp waktu kuliah ud mepet, blm lg ngajuin visanya, soalnya mbak ada bilang kayak gini “Tapiiiii… kalo misal kejadiannya begini. Misalnya ada orang yang udah daftar LPDP, trus ternyata proses beasiswanya belum selesai, tapi karena dia juga udah daftar kuliah, kuliahnya udah keburu masuk. Nah kalo kayak gitu gapapa.”

    kira2 bisa gk mbak?

    • Dengan sistem LPDP yang sekarang (1 thn hanya ada 4 kali wawancara), menurut saya memang ga kekejar sih kalo masuk kuliahnya september… Soalnya pun daftar skrg, paling cepet dipanggil wawancara di batch november… Belum lg selanjutnya ada PK dan urusan2 teknis lainnya. Bisa jadi full beres awal tahun depan atau paling cepat akhir tahun ini. Dan itu terlalu lama jaraknya dengan September.

      Pengalaman teman2 saya sih biasanya jarak antara masuk kuliah mrk dengan full beres urusan LPDP (atau minimal PK) hanya hitungan minggu.

      That’s my two cents. Tapi kalau mau tetap dicoba monggo… Cuma kalau bisa di defer LoA nya akan lebih baik jadi urus semua2 nya gak kebirit2… Terlebih kl misal kuliahnya di luar negeri. Goodluck!

  30. subhanallah sekali.terimakasih sdh mau berbagi kak annis🙂
    pengen banget bisa kayak kak annis juga.
    aku freshgraduate agustus ini kak, bisa kasih contoh study plan sama essay nya ga kak?
    kalo bisa minta tolong dikirim ke email aku ya kak🙂
    makasih banyak sebelumnya..

    • Study plan sesuai dengan rencana kuliah dan mata kuliah yang diambil masing2 kok, jadi pasti berbeda satu dengan yang lainnya, begitupun essay🙂

  31. maaf mbk, mau tanya,,,jadi kalau tahun ini saya belum mendaftar di kampus manapun bisa ikut tes LPDP dulu dan di beri waktu 1 tahun untuk mencari kampus,,

  32. Mbak, mau tanya. kalo saya baru mau nerusin S2 tahun ini, udah keterima di salah satu univ yg masuk list LPDP juga, cuma saya baru dapet infonya kebetulan minggu depan saya mulai kuliah, dan sekrang saya lagi mau daftar LPDP termasuk ke pelamar dengan masa kuliah yang sudah berjalan ga ya? soalnya pas2an banget nih pas udh deket kuliah semester pertama pas daftar hehe😀

  33. Hi AR, mau tanya ini ~> “Sedangkan yang belum punya LoA, dikasih waktu 1 tahun (terhitung dari akhir masa PK) untuk nyari dan daftar universitas sampe diterima. hehehe.”

    Kalau misalnya saya apply LPDP dan bilang mau masuk kampus X dan ternyata lulus LPDP sblm dpt LoA. 6 bulan kemudian saya berubah pikiran dan akhirnya minat ke kampus Y dan dpt LoA. Kira-kira mungkin nggak ya begitu? Kalau mungkin, apakah jg bs kalo pindahnya dr kampus DN ke LN (hehe~ yg pertanyaan kedua ini agak jayil aja si)

    Thanks!

    • Mungkin aja kak… Tapi kalau kampus Y secara ranking univ di bawah kampus X biasanya agak ribet ngurusnya. Pindah kampus DN ke LN waktu saya PK dibilang boleh🙂

      • Rencana studi mengikuti rencana perkuliahan di jurusan dan univ masing2. Pastinya berbeda tiap orang. Begitu juga essay. Terimakasih.

      • Oh iya, saya baru aja selesai bikin esai Peranku bagi Indonesia dan Rencana Studi. Boleh bantu review nggak ya R? Barangkali ada waktu luang. Kalau bs, kirim ke mana? Thanks ya.

      • Waduh, saya yang ga enak hati nih ga pede diminta ngereview. Hahahaha… Soalnya saya ngerasa waktu bikin essay juga ya “gitu2 aja”, intinya sih kalo saya cuma apa yang mau dilakuin + jadi apa kalo udah lulus dan kenapa itu manfaat utk Indonesia. Untuk rencana studi saya ga ngerti bidang lain, soalnya saya liat dari list course outline jurusan saya trus jelasin deh bakal ambil mata kuliah apa aja (krn coursework) sampe lulus. Gitu sih.😀

      • Hehe.. OK R. Gpp. Btw nanya lg ya😀 Ada tmn yg ambil program double degree dr kampus dalam negeri nggak? Jadi setahun di sini dan setahun di luar. Klo kondisinya begitu, dicover nggak ya biaya studi dan living allowance selama di luar?

  34. assalamualaikum mbak, mau tanya. alhamdulillah saya lulus test wawancara di LPDP mbak, tapi tinggal PK. mau tanya kalo invoice biaya pelaksanaan pendidikan itu harus dikirimkan sejak kapan yah mbak? apa ada batasnya? mbak ada contohnya nggak ya? mohon bantuannya mbak, wassalam

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Firstly, selamat!🙂 Wah saya ga ngerti mbak kalo itu. Selama ini saya terima beres aja, LPDP yang langsung mengurus pembayaran ini-itu ke kampus. Jadi hubungannya lembaga ke lembaga (LPDP ke universitas) tanpa melibatkan kita sbg awardee. Dan teman2 saya juga begitu. Jadi saya gak paham…

      • Assalamualaikum.
        Sebelumnya selamat buat mbak annisa udah dapet beasiswa Super dr LPDP ini. Sungguh envy baca ini dari atas sampai bawah. Nice!
        Mau tanya mbak.
        Terkait LoA, bagi yg tidak punya akan diberikan waktu 1 tahun terhitung sejak hari terakhir PK. Itu maksudnya gmna? Apakah kita harus mwndaftar manual ke Masing2 universitas yg dituju atau bagaimana ? Saya fikir saat memilih univ luar negeri saat apply itu sudah lgsg di daftarkan oleh LPDP jika lolos seleksi. Minta tolong yg point ini dijelaskan lebih detail lg ya mbak. Terimakasih.

  35. assalaamu’alaikum,

    mau tanya bbrp hal mba, gpp kan ya.

    1. intensif saat masuk top 20 univ itu diberikan sekali selama program atau per tahun atau per bulan?

    2. apakah asuransi yg diberikan mengcover awardee saja atau beserta keluarganya?

    3. bagaimana jika biaya buku > dari tunjangan yang diberikan?

    4. visa keluarga apakah diurusi juga oleh agen?

    5. biaya transport keluarga (jika ambil LN) apakah jd tanggungan beasiswa juga?

    maaf mba banyak nanya hehe, sukses selalu dan semoga ilmunya bermanfaat kelak. aamiin.

    • Wa’alaykumussalam wr wb…
      1) Lumpsum 1x
      2) Sepanjang yg saya tau awardee saja, tp silakan kroscek lg nanti
      3) Penuhi sendiri melalui living allowance atau settlement allowance masing2
      4) Visa awardee sendiri aja ngurus sendiri, hehe, pakai agen boleh tp biaya agen ga ditanggung LPDP ya… LPDP hanya menanggung biaya visanya saja
      5) Tidak

  36. Mbak, tanya dong, sy lg bandingkan besarnya tunjangan hidup dr tiap beasiawa nih soalnya mau bawa keluarga dan takut ndak cukup. Kalau lpdp besarnya berapa ya yang mbak nya terima, trimakasih

    • Hehe ini pertanyaannya ga lengkap. Kuliahnya dimana? Lagipula saya gatau semua besaran living allowance di semua negara dan semua kota. Mohon maaf.

  37. Assalamualaikum,

    Salam kenal mbak annisa,
    Terima kasih sblmnya atas penjelasan detilnya melalui blognya ini.
    Alhamdulillah smp saat ini saya lolos seleksi wawancara-FGD dan akan mengikuti PK.
    Seperti yg mbak blg mengikuti PK blm serta merta dianggap lulus tapi bisa bersyarat ataupun tidak lulus. Yang ingin saya tanyakan berapa persen probabilitasnya smp dianggap tidak lulus dan penyebabnya apa ya?

    Inshallah jika rezeki, tahun depan saya akan nyusul mbak juga ke aussie. Sampe saat ini intake di LoA bln juni, cuma klo dpt LoG setelah lulus PK, saya rencana majuin ke bln feb. Wish me luck, mbak.
    Terima kasih sebelumnya & good luck for your study there.

    • Wa’alaykumussalam wr wb.
      Sebenarnya probabilitas ga lulusnya kecil, menurut saya selama kita ikutin proses PK secara baik, mengerjakan semua tugas, partisipasi aktif dalam kegiatan2, Insya Allah lulus🙂

      Oya? Rencana ke kampus mana? Good luck yaa!

      • Oh gitu mbak. Baiklah, semoga dpt kemudahan & kelancaran selama mengikuti PKnya. Aamiin.

        Ke monash mbak, memang kita beda kota. Mgkn klo saya ingin main ke sidney akan kontak mbak, ato juga sebalikny pas mbak main ke melb. See you there.🙂

  38. salam kenal mba, sy ada beberapa pertanyaan
    1. utk essay dan study plan mester LN dibuat dlm bhasa inggris apa indonesia ya mba?
    2. utk dapat LOA harus mengirimkan study plan juga ke email professor yg dituju?
    3.lalu, penerima beasiswa yg ke Jepang banyak tdk mba?
    4. kalau boleh, bs tolong emailkan contoh essya dan study plan mba? hehe email saya: naomi.saddhadhika@hotmail.com
    terima kasih banyak mba. sukses selalu

      • Hai Annisa,
        Kalau Annisa pake LoE berarti ngga perlu accept offer dari universitasnya dulu ya?
        Alhamdulillah saat ini saya dapat email yang isinya offering (unconditional) dari beberapa universitas. Tapi yah itu cuma email (Ada yang menyertakan surat ada yang hanya berupa laman web). Apakah itu cukup disebut offering letter?

  39. mba, mau tanya lagi. study plan kan ada yg di upload dan ada yg di ketik langsung. itu isinya sama apa tidak?
    terus satu lagi, untuk dapat LOA kita harus email langsung ke dosen kan? yg di email apa saja ya mba? terima kasih banyak mba

  40. salam kenal k anisa🙂
    aku mau nanya nih, kan aku skrg masih skripsi dan i,allah wisuda februari. terus aku pgn lanjut s2 di luar ngejar yang mulai sept 2015, aku rencana mo ikut lpdp yg batch pertama (bulan maret) yang ingin aku tanyain, berdasarkan pengetahuan kk atau mgkin pengalaman tmen kk, kira2 kapan turun biaya lpdpnya untuk bayar kuliah dan hidup pas disananya, kalau aku lulus kan kemungkinan pengumuman kelulusannya baru bulan juni, apakah memungkinkan krg dalam waktu 2 bulan sudah turun? soalnya kan paling gak agustus aku udh harus brgkt, gitu kaka makasih sebelumyaa🙂

  41. mba berapa persen yg lulus di program kepemimpinan? trus apa kira2 sarannya supaya bisa diterima jadi awardee atau lulus di pk? makasiiiii mbaaa

    terima kasih🙂

    • Nyaris 100% kok. Asal jalani programnya dengan baik, turut partisipasi aktif, dan ikuti aturan yang ada Insya Allah lulus🙂

  42. Hai ka AR! Ini Tari fe08 yg dulu pernah komen. Alhamdulillah aku udah keterima LPDP dan dapet LoA dari UQ, tinggal ikut PK. Kalo boleh tahu apa ada grup khusus awardee LPDP aussie kah?

      • Salam kenal.. Mau nya kalo beasiswany ud lulus Äå ud pasti lulus di univ.tjuan? Äå ad tman2 kaka yg tdk lulus di kmpus slam wktu 1 th yg di berikan wkt lpdp. Dan beasiswany hngus.

      • Lulus beasiswa dan diterima di kampus adalah 2 hal berbeda karena untuk diterima di kampus kita harus daftar sendiri dan lengkapi persyaratannya sendiri. Aku gatau karena untuk batch aku sendiri belum ada 1 tahun dari masa setelah PK

  43. assalamualaikum..halo mbak annisa (namanya sama hehe), salam kenal🙂 terimakasih sudah sharing pengalamannya ya mbak.
    saya mau nanya mbak, saya diterima magister psikologi UI, bisa gak ya saya apply LPDP soalnya kan psikologi tidak terdaftar sebagai prioritas lpdp?jadi gimana ya mbak?
    saya sudah email pihak lpdp tapi belum ada jawaban..jazakallah mbak sudah mau sharing🙂

    • Wa’alaykumussalam. Halo salam kenal🙂 coba kamu cek dulu akreditasinya magister psikologi ui itu apa ya? Soalnya dulu teman saya dia mau ambil s2 psiko ui juga (tp lupa entah magister psiko atau profesi atau apa ya? Ga ngerti juga apa ada perbedaan entitas diantara jenis2 tsb) udah keterima LPDP tapi setelah dicek, s2 psiko ui itu either akreditasinya bukan A atau belum diperbaharui akreditasinya. Akhirnya gak jadi dapet beasiswa LPDP nya….

  44. Assalamualaikum mbak annisa,

    Alhamdulillah, saya sudah mengikuti PK yang kebetulan PK terakhir di tahun 2014 ini.
    Oiya, mbak ada line/whatsapp? Ada beberapa hal yang mau saya tanya terkait LoG, Living Allowance & info shelter.
    Oiya, punya kenalan ga mbak di melbourne yang tau info ttg temporary/permanent resident?

    Many thanks before…

    • Wa’alaykumussalam wr wb….
      Silakan gabung ke grup “Mata Garuda in Oz” di facebook, itu grup awardee LPDP di Australia, InsyaAllah bisa banyak tanya2 disana🙂

  45. Sertifikat TOEL apa yang bisa Mbaak atau bisa gak sertifikat bahasa yang dikeluarkan oleh lembaga kursus. untuk kelengkapan berkas daftar online. mohon penjelasanny

  46. Mbak, kalau misalnya sudah dapat LoA dr universitas yang dituju tapi nilai TOEFL kurang dari 550 apa ada peluang diterima beasiswa LPDP? Krn terkadang, universitas tujuan (di daerah asia) hanya mensyaratkan nilai TOEFL diatas 450. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  47. Aslm. Mbak,mo tny,thn kmrn sy sdh dftr beasiswa lpdp utk univ d dlm negri,tp ga lulus..trs thn ini pgn dftr lg utk univ LN,kebetulan sdh dpt LoA..itu bisa gak ya?soalnya sy cb login pke akun sy yg lama,sy bingung gmn utk submit dokumen2 yg br..apa hrs bkin akun br lg?terima ksh

  48. hallo emba Annisa, wah terimakasih sudah berbagi pengalaman mengeni LPDP

    yang saya mau tanyakan, apakah rincian biaya yang kita dapat apakah sama untuk semua jurusan master di luar negeri ??
    karena biaya terlalu sensitif, bisa balas ke email saya aja ya emba erwinhadi_tango@yahoo.co.id

  49. halo, mbak Annisa. saya setelah lulus berencana melanjutkan studi s2 ke luar negri dan memang sengaja tidak linier dgn background s1 saya. Saya s1 sastra inggris berencana melanjutkan studi s2 di bidang music performance. Nah, ini yang saya khawatirkan. Saya sering dengar bahwa bidang studi harus linier dengan background s1, daaaaan rencana bidang studi saya which is music performance juga bukan termasuk prioritas LPDP. udah ga linier, bukan prioritas LPDP, pengen yg LN lg. Bisa ga sih mbak?

    1. Apakah pernah ada awardee yang kuliah di jurusan yg seperti sy inginkan (music performance) atau bidang musik gt lah mbak
    2. di mana saya bisa lihat daftar penerima LPDP dan program studinya? sudah sy acak-acak webnya LPDP tp ga ada tuh (-_- !)

    thanks yaaa mbak, kalo ada info temen ato awardee lain yg keterima LPDP dan juga ambil jurusan di bidang musik, kenalin ke saya ya mbak. oya email saya minumaer@gmail.com

    • Halo salam kenal🙂
      1. Saya belum pernah dengar sih (bisa jadi saya aja yang gak tau ya….)
      2. Memang tidak di publish secara umum

      fyi ada juga penerima beasiswa s2 yang bidangnya tidak linier dengan s1, biasanya karena keterkaitan dengan pekerjaan. Misal s1 jurusan matematika, ambil s2 jurusan education karena bekerja sebagai guru. Poin penting lagi yang dilihat lpdp biasanya adalah kebermanfaatan bidang ilmu kita bagi indonesia. Kalau kita bisa menjelaskan, bisa jadi mereka punya pertimbangan khusus untuk menerima kita.

    • Saya ada info tambahan, kemaren abis ngobrol sama teman yang kerja di LPDP. Ternyata ada penerima Beasiswa Presiden RI (BPRI, di bawah LPDP juga) yang terima beasiswa di bidang music performance. Kalau gak salah khususnya piano. Jadi gak ada salahnya dicoba. Goodluck.

  50. pagi mba annisa,
    maaf ikut numpang nanya ya..
    kalo beasiswa lpdp itu kita boleh milih kelas ga ya.. seperti kelas sabtu minggu atau kelas malam..
    karena saya bekerja juga.. tapi ingin sekali ikut daftar lpdp s2 dalam negeri aja.
    mohon infonya ya mba…
    tmksh

    • Setau saya beasiswa lpdp untuk full time student mbak, bukan part time student. Untuk informasi lebih lengkap dan jelas silakan kontak langsung lpdp nya ya🙂

  51. Assalamualaikum mbak.. salam kenal..
    jazakillah khoir atas informasi yang demikian jelas mbak paparkan diatas..
    saya skr sedang coba daftar juga mbak, sedang menunggu pengumunan seleksi administrasinya.. saya ikut yang tahap 1, mohon doanya semoga ada rejekinya, diterima beasiswa magister n doktor dalam negri.. Aamiin..
    informasi dr mbak sangat jelas
    bermanfaat sekali untuk kami yang sedang coba apply..
    skali lg jazakillah khoir mbak..

  52. Assalamu’alaykm mb annisa, sy enis, jk sy ingin dftr lpdp stlh 2 tahun lulus S1, msh bs dperhitungkan pihak lpdp?
    oya mb, jk ada seorang student exchange bawa 2 anggota keluarga, apakah blh? 1 anggota kluarganya,living cost mandiri? Misal, anak. Jazakillaah mb

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Gak masalah, saya daftar 3 tahun setelah lulus s1. LPDP tidak memberikan beasiswa untuk student exchange, hanya untuk program s2 dan s3.

  53. Salam kenal Mbak Annisa
    Alhamdulillaah nemu blog yang sangat bermanfaat sesuai dengan pertanyaan yg sedang terlintas di pikiran saya….🙂

    Mau bertanya,
    Bisakah untuk syarat awal cari beasiswa LPDP, walau ngejarnya untuk universitas luar negri, bisa pake TOEFL ITP dulu ya? (Biaya untuk test TOEFL ITP lebih murah)

    Baru nanti setelah dapat beasiswa LPDP, ketika daftar univ nya untuk cari LOA, kita cari lagi TOEFL iBT atau IELTS yang standart international sesuai dengan syarat yang diminta oleh Univ luar negri itu. (Biaya untuk test TOEFL iBT atau IELTS memang lebih mahal)

    Apakah cara ini diterima oleh LPDP? Kebetulan saya tertarik untuk ambil beasiswa LPDP, tapi mau pake TOEFL ITP saja dulu. Universitas sasaran kebetulan luar negri…

    Mohon pencerahannya….

  54. kak mau nanya nih, kalo setelah resmi menjadi awardee lpdp, tpi akhirnya berubah universitas dari rencana awal ketika apply (denger2) boleh yaa, kalo misalkan pindah jurusan gitu boleh gak?🙂
    thanks sebelumnya..

    • Kalau pindah jurusan mungkin agak susah. Kalau pindah universitas (dengan jurusan sama) boleh asal ranking univ nya di atas ranking univ yg sebelumnya.

  55. Assalamu alaikum mbak,
    sya seorang karyawan di salah satu per. BUMN rencana mau lanjut s2 tapi ikut kelas karyawan (sabtu-minggu) kira2 sy bisa daftar beasiswa LPDP?

  56. oh gitu ya, sy kira lpdp cuma taunya memberikan beasiswa full selama kampus dan jurusan yg kita tuju terdaftar dikampus tujuan beasiswa lpdp🙂
    hhmm…. ada referensi beasiswa lain mbak, yg bisa memberikan beasiswa sambil kerja? hehee

  57. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Mba nisa, punya kenalan yg dpt beasiswa lpdp di jepang tepatnya di kota kyoto atau osaka tidak?

    Boleh sy minta contact nya?

    Terima kasih

  58. Untuk univ dalam negeri saya lupa bisa atau nggak. Mungkin bisa tanya LPDP langsung. Ya, saya IELTS yang dari IDP.

  59. mb AR assalamu’alaykum,,mb aku mau tanya, misal aku dapat beasiswa s2 dari lembaga lain tapi biaya tesisinya ga cukup terus aku mau daftar beasiswa Tesis LPDP, itu boleh ga ya mb?

  60. Assalamu alaykum
    Mbak, untuk di unsw berapa ya living allowance yang diberikan oleh lpdp?
    Saya rencana mau ke mel-u, apakah pembayaran yg diberikan lpdp selalu tepat waktu

  61. Assalamualaikum, Mba. Salam kenal, saya Chitta. Terimakasih banyak infonya, membantu sekali.
    Saya berminat mengikuti beasiswa LPDP di tahun ini. Sasaran saya mendaftar jurusan clinical psychology di Australia, tepatnya di University of Melbourne. Sempat sedikit ragu karena LPDP tidak secara spesifik membahas pilihan bidang psikologi di dalam websitenya. Kalau boleh tahu, Mba punya teman yang ngambil jurusan psikologi dan lulus beasiswa ini ya? Saya boleh minta kontaknya ga Mba? Saya ingin bertanya mengenai beberapa hal terkait proses, sistem, dan status di mata HIMPSI nantinya.
    Terima kasih banyak sebelumnya, Mba🙂

    • Wa‘alaykumussalam wr wb. Mohon maaf mbak saya ga punya data yg lulus psikologi dari LPDP. Tapi pada dasarnya LPDP membuka kesempatan untuk semua jurusan.

  62. Mbak aku mau nanya dong, kebetulan mau nyoba test du UGM, bsa gak yah tanpa sertifikat TOEFL? Waktunya mepet blm sempat test toefl thx

  63. Asslm wr. wb.

    Mbak ani mohon bimbingannya, saya ingin mendapatkan beasiswa LPDP tpi ada beberapa kendala, mohon bimbingannya mbak,

    Saya lulusan maret 2015 kemarin, saya akan mengurus lpdp periode III dengan pendaftaran mulai 28 april – akhir juli , yang pengumuman hasil wawancaranya tanggal 15 september, sedangkan disaat yang bersamaan saya juga apply di universitas yang saya tuju, dan pembayaran uang kuliah adalah bulan agustus, masa kuliah mulai 1 september, apakah saya bisa meminta surat rekomendasi dari LPDP agar saya bisa mendapatkan dispensasi dari universitas yang saya tuju? Kira kira langkah apa yang harus saya ambil ya mbak, mohon sekali bimbingannya, sebelumnya terimakasih

    • Wa‘alaykumussalam wr wb. Panggil saya Annisa saja ya. Kalau minta dispensasi ke univ saya gak tau karena itu hak univ sepenuhnya untuk memberi kebijakan. Yang saya tau sejauh ini, LPDP menerima pendaftaran utk orang2 yang mau kuliah minimal 6 bulan stlh periode pendaftaran LPDP. Banyak teman2 saya yang mau kuliah mepet dengan waktu pendaftaran LPDP, akhirnya mereka defer jadwal masuknya univnya menjadi semester berikutnya. Atau yang di dalam negeri (UI misalnya), mereka akhirnya ikut SIMAK UI di jadwal berikutnya.

      • Trimakasih banyak infonya, kalo misalkan saya apply nya periode II tanpa LOA atau toefl yang masih menunggu cetak sertifikatnya, ada kemungkinan lolos seleksi awal online g ya?

  64. Hi Mba Anisa Salam Kenal, ternyata walaupun sudah sampai tahap PK belum tentu jadi awardee LPDP ya ? Selama ini, Informasi yang saya peroleh jika sudah sampai tahap PK berarti sudah positif jadi awardee LPDP

  65. Assalamu’alaikum mba Annisa,

    Perkenalkan saya Aji, saya hendak menyakan beasiswa LPDP utamanya tentang finansial.
    Alhamdulillah saya sudah menyelesaikan Master saya di UQ, Brisbane dengan beasiswa ADS (sekarang AAS). Saya berencana melanjutkan PhD di UQ lagi. Tetapi untuk mendaftar AAS, perlu menunggu 2 x massa studi sebelumnya, maka saya tertarik dengan beasiswa LPDP. Beberapa pertanyaan yang mengganjal antara lain:
    1. Berapa nominal settlement allowance nya? Jika tergantung kota, berapa di Sydney?
    2. Apakah pencairan stipend tepat waktu? Fortnightly atau monthly?
    3. Mohon berkenan di share nominal stipend jika membawa keluarga (spouse dan 2 anak) bagi penerima LPDP yang belajar di Sydney?
    4. Apakah bisa mendapatkan childcare benefit jika menitipkan anak di daycare?

    Mohon maaf jika pertanyaannya agak sensitif. Mohon berkenan di share pengalamannya. Bisa melalui email atau disini. Terima kasih.

    Salam,
    Aji

  66. Mbak mau tanya.
    Backround S1 saya pendidikan bahasa Jerman dan rencana akan melanjutkan dg jurusan linier, bahasa Jerman sbg bahasa Asing. Adakah kenalan yg backround serta apply ke LPDP seperti saya di atas, pendidikan bahasa asing lainnya seperti bahasa inggris, jepang, perancis?

    Kalau berkenan, blh diinfokan mbak? Lg cr2 informasi ke org yg sdh berpengalaman.
    Trma ksh banyak

  67. mau tanya ni ka nisa..waktu daftar LPDP kita bisa milih jurusan atau univ lebiih dari 1 ga y?? soalnya saya ada beberapa jurusan s2 yang diminati

  68. Halo mbak Nisa, saya lulusan s1 akuntansi dan ingin melanjutkan s2 di bidang finance. Mbak, kalau boleh saya ingin tanya-tanya secara private (mungkin email) dengan mbak bisa tidak? Saya rencana ingin mendaftar LPDP di periode ini. Saya coba cari email mbak di about me tidak ketemu. Kalau mbak punya waktu, email saya rosa_lenna@yahoo.com. Terimakasih banyak sebelumnya.🙂

  69. Assalamu’alaikum, Mba pernah dapet pertanyaan ngga dari interviewer beasiswa begini ngga ? “kenapa milih Aussie, kan banyak negara di Eropa yang jauh lebih bagus”. Bingung deh klo dpt pertanyaan itu. Masak iya kujawab, karena ngga terlalu jauh dari Indo atau kualitas di Aussie ngga beda sama di Eropa. Keliatan normatif bgt ngga si jawaban itu?

    • Wa‘alaykumussalam wr wb. Saya juga ditanya, cuma memang masalahnya jurusan yang saya mau ada di kampus saya yang sekarang dan fakultas saya termasuk 5 besar terbaik di dunia, jd cukup masuk akal alasannya. However, beralasan jarak yg gak terlalu jauh juga alasan umum yg bisa diterima kok… Yang penting jujur, ga dibuat2, tapi reasonable.🙂

  70. Assalamualaikum, salam kenal mbaa..
    mba mau tanya kalo mau pindah univ kira-kira syarat2nya apa aja yah mba, apa mesti pake LoA unconditional??
    sya daftarnya DN, dan berencana pindah ke univ LN..
    terima kasih sebelumnya mba..

  71. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam kenal Mbak.
    Saya berminat mendaftar LPDP untuk periode 3 ini.

    Mbak Annisa, ttg syarat aktif berorganisasi apakah sangat berpengaruh?
    Selama masa sekolah hingga kuliah saya tidak pernah ikut organisasi formal macam OSIS, Hima atau BEM.
    Namun kalau yg dimaksud organisasi secara profesional/kerjaan saya pernah.
    Beberapa kali menjadi Ketua Tim Audit dan sekarang Kepala Bagian Internal Audit di perusahaan tempat saya bekerja.
    Apakah pengalaman di atas cukup mengcover minimnya pengalaman saya dalam berorganisasi semasa sekolah/kuliah dulu?
    Terima kasih

    • Gak jadi syarat mutlak tapi bisa jadi pertimbangan mnrt saya. Gpp mas siapa tau pengalaman kerja bisa jadi pertimbangan jg bagi tim penilai. Good luck!

  72. asslamualaikum, salam kenal mbak annisa.
    saya Della dari riau. Mbak, alhamdulillah saya sudah lulus seleksi lpdp, tapi belum pk, dan saya mengambil magister keluar negeri tepatnya di Australian National University. Mbak yang baik, saya sekarang sedang kesulitan mencari informasi dan teman yang bisa diajak share mengenai s2 di ausie dan lpdp ini mbak, karena dari kampus dan org terdekat saya belum pernah ada yang mndapat kesempatan seperti saya mbak. saya punya banyak pertanyaan tapi ga tau mau bertukar pikiran dengan siapa. kalau bole saya ingin bertukar pikiran dengan mbak. email saya della.rinarta@yahoo.com . semoga mbak annisa berkenan membantu saya.
    wassalam

  73. Halo Mbak Anissa, terima kasih banget udah share pengalamannya. Saya sudah coba mengontak LPDP via e-mail dan telepon tapi tidak ada yang menjawab. Saya cuma mau tanya, bolehkah kita mengajukan untuk mendaftar di universitas yang tidak ada di dalam daftar tujuan LPDP? Universitasnya sebenarnya sangat berkualitas, tapi dia penjurusannya khusus jadi mungkin karena itu ga ada di daftar. Apakah ini akan menghalangi atau mengurangi pertimbangan untuk diterima di LPDP?

    Terima kasih atas perhatiannya!

  74. Assalaualaikum..
    Mbak gimana cara ngurus LoA ya? Saya terkendala berkas untuk LoA yang belum kelar. Apa harus ke Univ tujuan langsung ya?

    • Waalaikumussalam wr wb. Saya gak terlalu paham pertanyaan nya, kalau berkasnya belum kelar coba diselesaikan dulu aja semuanya mas/mbak sampai lengkap. Goodluck.

  75. Assalamualaikum Mbak Annisa

    Perkenalkan nama satya Fikri, saat ini sudah dapat LoA untuk Monash University di Australia, saya ingin bertanya kira – kira allowance yang diberikan dari pihak LPDP untuk biaya hidup di Australia apakah cukup untuk cover biaya hidup termasuk rent dll?

    Thanks

  76. Halo mba, berdasarkan pengalaman mba memang harus 4 tahun ya buat S3 karena misalnya di Stanford dia minimal 5 tahun.
    Untuk presidential bedanya apa ya mba?

    Terima kasih🙂

    • Ya untuk s3 Lpdp maksimal 4 tahun. Utk presidential beda persyaratan saat pendaftarannya dan lebih terbatas kampus yang bisa dipilih setau saya. Sama sama🙂

  77. Assalamualaikum Mba,
    mau tanya dong, kalo misalnya saya mau ambil magister yg jurusannya berbeda dengan background sarjana saya, bisa ga ya di lpdp?
    saya masih galau jurusan nih Mba, niat banget di msm-nya itb, tapi S1 saya teknik arsitektur. banyak yg nyaranin utk ke manajemen yg di sipilaja, tapi saya kurang berminat.
    Terima kasih Mba sebelumnya🙂

    • Waalaikumussalam. Kasus s2 yang diambil gak sejalan dengan s1 biasanya boleh selama s2 nya berkaitan dengan pekerjaan orang tsb. Saran saya sih dicoba aja, tapi harus siap argumen dengan reviewer nantinya kenapa pilih jurusan itu dan kenapa gak in-line dengan s1 nya. Goodluck!

  78. assalamu’alaikum…maaf saya mau bertanya terkait LPDP, saya sudah dapat LOA unconditional dari IPB tapi jadwal masuk kuliahnya yang tercantum di LOA itu tgl 2 september 2015 sementara saya akan mendaftar LPDP nanti bulan oktober, jadi sy melakukan penundaan kuliah ke tahun depan dengan menyurat ke dekannya, yang saya mau tanyakan kira-kira kalau kasus seperti itu, apa tetap bisa daftar LPDP pakai LOA itu atau bagaiman?mksud sy bagaimana cara meyakinkan pihak LPDP kalau sy menunda kuliahnya?apakh harus ada keterangan di LOA nya dengn cara mengurus ulang LOA, atau tidak apa2 pakai LOA tersbut?terimaksh jwabnnya.
    Percakapan Obrolan Berakhir

    • Waalaikumussalam wr wb. Tunjukkan saja LOA baru dari IPB yang menunjukkan bahwa anda sudah defer sampai tahun depan. Kalau permintaan anda disetujui oleh universitas, seharusnya ada LOA baru yang menunjukkan perubahan tsb. Goodluck!

  79. Mba, pernah dengar ttg pembiayaan PhD? Jadi di kampus tertentu terkadang justru mereka sediakan pembiayaan full. Memang mungkin pas-pasan. Tapi bagaimana hubungannya dengan pembiayaan LPDP seandainya menang? LPDP menanggung tuition fee dll juga. Apa harus pilih salah satu atau bisa dapat keduanya? Jadi bisa nabung heheh

  80. Assalamualaikum.
    Mba mau tanya ttg study plan. Study plan hrs sudah dng univ dan list mata kuliah yg akan diambil atau tidak ?
    Soalnya misal udh keterima dan pngen pindah univ, berarti hrs buat study plan yg baru atau bagaimana ? Terimakasih

  81. sudah naca tulisan mbak n bxk yg sy dpt. tp mau nanya nih. kn sy dah kluarga, 1 anak, misal sy ketrima sy pgen k UPI ato UNS mgkin, tp istri dan 1 anak sy tgal di jember (ga sy bw). apakah tetap dan tunjangan kluarga 25%? living allowance biasanya besarannya brp ya? maaf bgt tanya yg kyk gini mbak. jujur msh ada kuatir kl sy S2, sy harus tgalin pkerjaan. lha ekonomi kluarga bsa ga sy gantungkan dr tunjangan kluarga itu. rizurees@gmail.com

  82. halo mba. aku liat mbak masih jawab komen dari tahun 2014 sampe sekarang okt 2015 jadi gak ada salahnya saya coba komen hehe.

    saya nanya.
    1. jadi ini semua ter-cover mba dari biaya buku, SPP dan lain lain? jadi kalaupun kita mengeluarkan sepersen uang. yang tidak di -cover untuk apa ya?
    2. apa kita juga bisa magang juga disana?

    thx🙂

    • 1. Iya. Uang untuk medical check up (yg merupakan syarat visa) waktu di Jakarta
      2. Peraturan LPDP mungkin sudah berubah, saya ga berani jawab dgn pasti. Soal magang/kerja disana mungkin nanti bisa dibicarakan lebih lanjut dengan LPDP🙂

  83. mbak.. mau nny. saya mau coba untuk beasiswa LN. kan setelah selesai kita harus balik ke indonesia, dan tidak ada ikatan dinas ya mbak? nah. misalkan saya ternyata dapat tawaran kerja di tmp tujuan saya, lalu saya balik ke indonesia dan beberapa waktu kemudian saya kerja di tmp tujuan saya itu apa boleh? jadi intinya kembali ke indonesia hanya untuk memenuhi syarat saja

    • Hai, salam kenal🙂 Iya betul tidak ada ikatan dinas. Waktu jaman saya (2013) belum ada aturan terkait berapa lama harus balik ke Indo nya. Poin dalam kontrak hanya kembali ke Indo. Tapi untuk sekarang ini saya kurang tau bagaimana bunyi kontraknya, apa sudah lebih detail atau gimana terkait hal tsb. Kalau nanti sudah diterima sebagai awardee LPDP silakan ditanyakan langsung ke LPDP nya ya. Good luck!🙂

  84. mau nanya, klo blh tahu kakak dpt living allowance’nya brp ya? (kira-kira aja, ato kasi range’nya aja hehe) dan apakah studi di beda negara yg berbeda (bkn us) ttp dpt living allowance yg sama dgn yg di us?

  85. Mbak sy alumni S1 MIPA MATEMATIKA nah profesi saya adalah pns guru..saya mau ambil S2 MIPA MATEMATIKA..sy mau apply lpdp januari, yang saya tanyakan adalah pada pilihan bidang keilmuan baiknya diisi Bidang Sains atau Bidang Pendidikan??

  86. mau nanya,,saya sudah regristasi online tapi tanggal lahir saya salah dan ga bisa dirubah lg gmn ya? trs yang kedua IPK saya rendah gmn ya? apa yang harus saya lakukan?

  87. Pingback: Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP - Part 1 | IDBeasiswa

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Untuk mendapatkan LoA boleh sudah diterima LPDP, boleh juga belum. Pendaftaran beasiswa LPDP dan pendaftaran ke universitas adalah 2 hal yang berbeda dan terpisah, namun bisa dilaksanakan secara paralel alias berbarengan. Semoga membantu🙂

  88. Assalamualaikum..
    Salam kenal mba anisa..
    Sy mau tanya klo misal sudah dtrma LPDP bru nyari LoA apakah biaya2 saat mendaftar univ langsung ditanggung LPDP atau semuanya pakai biaya sendiri dulu lalu nanti setelah perjanjian kontrak baru diganti?
    Untuk dalam negri toefl nya itp ya mb?
    Trs score nya brp ya mb?
    Terimakasih mba anisa..

    • Wa’alaykumussalam wr wb… Salam kenal juga mbak Ririn🙂 biaya pendaftaraan universitas nanti bisa direimburse mbak sama LPDP, disimpan aja bukti pembayarannya. Maaf saya lupa mbak skor toefl berapa untuk DN, silakan dilihat di websitenya LPDP🙂

  89. Halo Mbak Anisa🙂 Terima kasih blognya sangat membantu sekali.

    Saat ini saya sudah mendapat LoA dari kampus di LN. Tetapi TOEFL saya sudah sejak 2011 dan itupun TOEFL-like yang diadakan kampus saya dulu.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah TOEFL (atau sejenisnya) masih mutlak harus ada? Mengingat saya sudah memiliki LoA.
    Terima kasih banyak Mbak Anisa, God bless.

    • Hai Putri. Alhamdulillah kalau membantu🙂 syarat TOEFL sepanjang yang saya tau memang wajib, tapi jika sudah punya LOA bisa jadi akan ada pertimbangan khusus. Lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan ke panitia seleksi. Good luck🙂

  90. Terimakasih atas informasi yang dibagikan dan kesabaran dalam menjawab🙂

    saya mau tanya ttg toefl. kok di booklet syarat yg dicantumkan adalah TOEFL/TOEIC/IELTS. memangnya bisa ya pakai TOEIC?

  91. halo selamat siang Mbak.
    saya mau tanya ini, misalkan saja saya besok taun depan mendaftar lalu tidak keterima, apakah masih bisa mendaftar lagi ?
    terima kasih

    • Sepanjang yang saya tau kalau peraturan belum berubah, Kalau tidak diterimanya masih sampai tahap seleksi administrasi, maka bisa coba daftar lagi berapa kali pun. Kalau gagalnya di tahap wawancara, hanya diberi 1x lg kesempatan untuk daftar lagi.

    • Halo, kalau gagalnya masih tahap seleksi administrasi, bisa daftar lg sampai berapa kali pun. Kalau gagalnya di tahap wawancara, hanya diberi 1 kesempatan lg. Goodluck!🙂

  92. Halo, mbak. Perkenalkan, saya Maz, awardee PK-46, (hehe junior banget yah). SK wawancara saya kan september tahun lalu. Di esai pendaftaran dulu rencana intake saya september tahun ini, ke dublin. Tapi saya berencana pindah ke aussie, yang intakenya februari tahun depan. Saya galau, dan mau tanya di milis tapi malu. Eh terus nemu blog ini dan mbak baik banget masih aktif balesin komen. Hehe. Kita kan diberi waktu satu tahun, nah itu untuk dapat LoA aja atau sekalian berangkatnya yah? Kalau saya berangkat februari 2017 tapi setor LoA mei ini, apa bisa ya? Menurut pengalaman temen-temen mbak, ada gak yang gitu? Thank you, mbak.😀

    • Hi mbak, saya bukan LPDP Melbourne karena saya di Sydney, tapi setau saya kalau grup whatsapp LPDP Melbourne hanya akan meng-approve yang sudah punya LOA. Kalau grup lain (FB misalnya) mungkin cuma perlu waktu aja adminnya mungkin lagi sibuk

  93. Assalamu’alaikum mbak. sy mw tanya, apa pengajuan dana lain-lain (tunjangan keluarga) harus dari awal pendaftaran LPDP. kasusnya sy mendaftar LPDP LN awalnya single. beberapa bulan sebelum keberangkatan, sy kemudian get married. Apakah tunjangan keluarga tsb tetap bisa dicover atau tidak sdh tdk tercover lg? Mohon infonya.. terima kasih

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Setau saya bisa mbak, cuma teknisnya bgmn saya kurang paham. Bisa ditanyakan lgsg ke PIC Lpdpnya🙂

  94. saya mau tanya mb, kalo utk mendaftar jurusan di S2 Uni apakah harus linear / berhubungan dgn jurusan s1ny, terima kasih. mgkn bs dikasih contohnya mb, soalnya sy mau daftar s2 yg lintas jurusan.

    • Bisa gak linier tapi harus ada alasan yang kuat. Contohnya, karena pekerjaan. Misal, jurusan S1 nya Matematika, kemudian S2 nya ambil Education karena bekerja sebagai guru.

  95. Hi kak, salam kenal, sy debby. Kak, sy mau tny, biasanya setelah pengumuman kelulusan tes substansi apakah akan lgsg di adakan kegiatan PK ? Atau masih menunggu bbrp hr lagi ? Jika masih menunggu lagi, kira” brp hr lamanya setelah pengumuman menjelang PK yah ? Trima kasih ^^

  96. Assalamualaikum wr wb mbak
    saat ini saya telah di terima di salah satu universitas negeri di indonesia untuk jenjang magister. perkuliahan akan dimulai bulan september ini. Kalau saya ikut LPDP yg batch 3 (deadline 15 juli) apakah masih bisa ikut mbak?
    mohon tanggapannya ya mbak berdasarkan pengalaman mbak dan teman2

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Setau saya mbak utk skrg ada batas bahwa intake perkuliahan paling cepat adl 6 bulan setelah dinyatakan lulus Lpdp. Info lebih jelas dan akuratnya silakan langsung bisa ditanya ke Lpdp ya, good luck🙂

  97. Haloo salam kenal. saya berencana ikut program LPDP utk gel.3 mbak. tapi masih terhambat di essay. kira-kira utk essay kesuksesan terbesar dan kontribusi untuk indonesia point point pentingnya apa saja ya yang perlu ditekankan? kemudian yang kedua apa ada kesempatan untuk ambil MM meskipun saya berencana lintas jalur kuliah yang saya ambil dulu?
    Trims.

    • Halo salam kenal🙂 saya pribadi sih gatau ya komponen apa2 aja yang penting untuk essay. Poin pentingnya mungkin keterkaitan antara bidang ilmu yg diambil dengan kontribusi yg ingin dilakukan.

      Untuk lintas jurusan, bisa aja. Tapi pasti akan di-challenge ketika wawancara, siapkan aja argumen kenapa harus lintas jurusan dan kenapa pilih MM. Goodluck🙂

  98. Assalamualaikum mbak. Saya mau tanya sebelum daftar lpdp, apa saya harus mendftar secara reguler di kampus tujuan? Terima kasih

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Kurang lebih sudah saya jelaskan di tulisan mbak🙂 utk daftar Lpdp gak wajib punya LoA, artinya boleh sudah diterima di kampus tujuan, boleh juga kalau belum diterima🙂

  99. Assalamualaikum.. Halo Kak Anisa. Terima kasih sekali untuk tulisannya yang sangat komprehensif ini. Saya mau tanya apakah sebelum tanda tangan kontrak, kita penerima beasiswa dijelaskan detil klausul dan kondisi atas klausul tersebut? Sy saat ini tengah wondering beberapa hal terkait itu, jika Kak Anisa berkenan untuk sharing🙂

    • Wa’alaykumussalam wr wb. Hai salam kenal Maharani🙂 waktu jaman saya (thn 2013) enggak mbak, mungkin yang skrg sudah ada perubahan🙂

  100. assalamu’alaikum mbak annisa🙂
    misal kita dpt beasiswa lpdp s2 di universitas A, trs mau daftar beasiswa lpdp lagi s3 di univ B tapi beda negara bsa nggak ya ?
    terima kasih mbak🙂

  101. mba, kuliah lpdp kan wajib reguler, bagiamana mereka yang sudah bekerja dan memiliki keluarga? apakah harus keluar dari tempat kerjanya dan bagaimana dengan keluarganya jika resign dari kantrnya?

  102. mbak kalau saya dari UMM, itu kan swasta apakah boleh daftar beasiswa LPDP, dan kira” bagaimana dengan peluangnya mbak ?

    terimaasih mbak

  103. Selamat sore, Mba Annisa.. Saya mau tanya, kalau dalam proses apply beasiswa kita dalam kondisi hamil dan ada kemungkinan akan melahirkan di negara tersebut, apakah diperbolehkan?

  104. Assalamualaikum wr wb mbak
    saat ini saya telah di terima di salah satu universitas negeri di indonesia untuk jenjang doktor (S3). perkuliahan akan dimulai bulan september ini. SAya rencana mau ikut ikut LPDP yg batch 4. apakah masih bisa ikut mbak?
    mohon tanggapannya ya mbak berdasarkan pengalaman mbak dan teman2……kalau pun mau kontak person ke lpdp cukup via email saja atau via telpon ya mbak……makasih mbak

  105. Assalamualaikum Wr.Wb. saya berencana mendaftar beasiswa S3 LPDP luar negeri. Saya mau menanyakan terkait bahasa dalam penulisan research proposal yg disubmit ke LPDP, apakah dalam Bahasa Inggris bisa? atau harus dalam Bahasa Indonesia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s