Rezeki 1 Milyar

Pertama kali saya dinyatakan lulus menjadi penerima beasiswa LPDP, saya merasa bersyukur luar biasa. Sebab, orang biasa seperti saya, nggak punya cukup uang untuk kuliah di luar negeri. Padahal, cita-cita untuk kuliah dan tinggal di luar negeri itu sudah ada sejak 10 tahun yang lalu.

Menerima beasiswa adalah salah satu anugerah terbaik bagi saya. Gak kebayang akan ada pihak yang mau bayarin saya kuliah lagi dengan biaya semahal itu. Saya masih ingat jelas rasa ngilu ketika melihat biaya SPP atau tuition fee dari jurusan yang saya pilih. Tidak kurang dari 550 juta jika dirupiahkan. Belum lagi tiket pesawat, biaya visa, biaya hidup yang gila-gilaan di Sydney (Sydney adalah 1 dari 10 kota termahal di dunia), uang buku, asuransi, uang wisuda, aih… banyak banget! Saya hitung satu-satu, alangkah kagetnya saya menemukan angka sampai 1 milyar untuk kebutuhan S2 saya.

Dan itu semua dibayarin.

Kemudian saya merenung, apa kiranya yang membuat Allah begitu besar rahmatnya hingga memberi saya rezeki sampai 1 milyar? Ibadah saya, biasa banget. Akhlak apalagi. Wajib dan sunnah, pasti teman2 melebihi saya. Tapi kenapa Allah begitu baik dengan memberi saya 1 milyar?

Sebenarnya, bukan urusan saya juga apa alasannya. Allah berhak bermurah hati tanpa alasan apapun. Tapi saya hanya ingin tahu kira-kira, agar ada pelajaran hidup yang bisa saya ambil.

Dheg. Entah kenapa, tiba-tiba pikiran saya tertumpu pada gerakan Sedekah Brutal. Ada apa dengan Sedekah Brutal? Saya terdiam. Saya ingat. Beberapa bulan lalu, kami tim Sedekah Brutal bersuka cita karena berhasil mewujudkan “Menuju 100 juta Sedekah Brutal”.

Iya, 100 juta berhasil dikumpulkan dari akumulasi Sedekah Brutal 1 hingga 7. Dan di saat itulah, saat telah selesai Sedekah Brutal part 7 dan target 100 juta tercapai, saya mulai mendaftar ke universitas…

Kemudian saya semakin termenung dengan ayat ini,

“Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya” (QS Al-An’am: 160)

“Barangsiapa mengerjakan kebaikan, ia berhak atas sepuluh kebaikan yang sama” (HR Muslim)

Jelas sekali tertulis. Sepuluh kali lipat.

Ah, tapi kan itu bukan uang saya? Saya sih gak punya uang seratus juta, saya kan cuma bantu ngajak orang-orang.

Sekali lagi saya diingatkan melalui hadist ini,

“Barangsiapa yang mengajak ke arah kebaikan, maka ia memperoleh pahala sebagaimana pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun dan dari pahala-pahala mereka yang mencontohnya itu” (HR Muslim)

Hati saya terasa hangat. Terlepas dari kemungkinan lain akan sebab datangnya rezeki tersebut, saya sungguh meyakini bahwa janji Allah adalah benar. Sungguh meyakini bahwa jangan lelah berada dalam lingkaran kebaikan. Sebab bisa jadi saat teman2 sedang berlelah mengurus Sedekah Brutal, ‘tangan2’ Allah juga bekerja, membukakan kemudahan2 lain untuk urusan teman2 di masa depan. :”)

Terimakasih untuk kesempatannya berada di gerakan ini.

Annisa Riani
Bendahara Sedekah Brutal part 1-8

*more info about Sedekah Brutal:
http://www.sedekahbrutal.com
http://www.twitter.com/SedekahBrutal

9 thoughts on “Rezeki 1 Milyar

  1. Bismillaah.maaf mengganggu mba annisa,sy rudi,dan sy berencana utk mendftr beasiswa lpdp,alhamdulillah persyaraatn hampir 100%,sy ingin bertanyaa terkait salah 1 syarat yaitu “surat pernyataan sedng tdk menerima beasiswa” dipersyaraatn tsb ada point perguruan tinggi,apakh point tsb di isi dngn asal perguruan tinggi atau yg kita tuju?trims mba.

  2. Assalamualaikum mbak.;saya annida,. InshaAllah saya ingin s2 ke unsw jurusan lingustik tahun depan. Melihat postingan mbak saya jadi tahu betapa mahalnya sewa kos disana. Ini Saya mau tanya mbak, kalo disana masak makanan sendiri atau beli ya? Dan berapa biaya hidup per bulan yang diberikan beasiswa lpdp? Saya dengar 2000 dollar australia. Apakah benar segitu?

Leave a Reply

